Yuk, Kita Praktekan SADARI!

#UNALAtips

Oleh: Maulidya Risne Andini


Masalah terbesar dalam penanggulangan kanker saat ini adalah banyaknya informasi yang kurang dapat dipertanggungjawabkan tersebar di masyarakat sehingga pasien tidak melakukan pengobatan secara benar dan baru datang ke fasilitas pelayanan kesehatan setelah terlambat ditangani. Salah satu upaya yang penting dilakukan untuk mengatasi masalah kanker dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu kita juga dapat mendeteksi adanya kelainan lebih dini dengan melakukan SADARI.

SADARI adalah pengembangan kepedulian seorang perempuan terhadap kondisi payudaranya sendiri. Tindakan ini dilengkapi dengan langkah-langkah khusus untuk mendeteksi secara awal penyakit kanker payudara terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada payudara yang dilakukan antara waktu 7 sampai 10 hari setelah hari pertama menstruasi atau sesudah menstruasi berakhir. SADARI tidak menggantikan peranan dokter atau tenaga medis terlatih untuk melakukan pemeriksaan klinik. Pemeriksaan payudara oleh tenaga medis sebaiknya dilakukan untuk perempuan usia 20 sampai 40 tahun minimal setiap 3 tahun dan perempuan usia 40 tahun setahun sekali.

Perubahan yang dapat dilihat sebagai kelainan yang terjadi di payudara dan perlu mendapat perhatian yaitu:

  1. Perubahan bentuk dan ukuran payudara
  2. Teraba benjolan
  3. Nyeri
  4. Penebalan kulit
  5. Terdapat cekungan kulit seperti lesung
  6. Pengerutan kulit payudara
  7. Keluar cairan dari puting susu
  8. Pengerutan puting susu ke dalam
  9. Luka pada payudara yang tidak sembuh-sembuh 

Upaya pencegahan kanker payudara

1. Pola hidup sehat dengan CERDIK

    • Cek kesehatan secara teratur
    • Enyahkan asap rokok
    • Rajin beraktivitas fisik
    • Diet sehat dengan kalori seimbang
    • Istirahat cukup
    • Kelola stress

2. Cegah kanker dengan melakukan deteksi dini

Deteksi dini kanker payudara dengan periksa payudara sendiri (SADARI),  pemeriksaan payudara klinis SADANIS oleh petugas kesehatan terlatih di fasilitas kesehatan

Cara Melakukan SADARI

  • Amati dengan teliti kedua payudara di muka cermin tanpa berpakaian dengan kedua tangan diangkat ke atas, pindahkan tangan ke pinggang dan kemudian condongkan badan ke depan, lihat apakah bentuk antara payudara kiri dan kanan sama.
  • Rapatkan dan tekanlah telapak tangan dengan kuat sehingga payudara menonjol ke depan sambil terus mengamati apakah ada benjolan, kulit mengerut seperti kulit jeruk, atau cekungan seperti lesung pipi dan puting susu yang tertarik ke dalam.
  • Pencet dan urutlah pelan-pelan daerah sekitar puting sampai ujung puting dan amati apakah keluar cairan yang tidak normal, seperti kekuning-kuningan yang terkadang bercampur darah seperti nanah. Harus dibedakan dengan ASI pada perempuan yang menyusui.

  • Pada posisi berbaring letakkan bantal dibelakang punggung, tangan kanan diletakkan di belakang kepala, dan gunakan tangan kiri untuk memeriksa payudara sebelah kanan.
  • Rabalah dengan ujung dari tiga jari tengah yang dirapatkan, lakukan gerakan memutar dengan tekanan lembut tapi mantap dimulai dari pinggir menuju ke puting searah putaran jarum jam. Lakukan hal yang sama pada payudara kiri seperti pada payudara kanan.
  • Beri perhatian khusus pada daerah kuadran atas luar dekat ketiak karena sebagian besar kanker ditemukan pada daerah tersebut.

Pemeriksaan Lanjutan

  • Ultrasonografi (USG)

Dianjurkan terutama bagi perempuan usia kurang dari 35 tahun

  • Mamografi

Dianjurkan terutama bagi perempuan usia lebih dari 35 tahun

Masalah terbesar dalam penanggulangan kanker saat ini adalah banyaknya informasi yang kurang dapat dipertanggungjawabkan tersebar di masyarakat sehingga pasien tidak melakukan pengobatan secara benar dan baru datang ke fasilitas pelayanan Kesehatan setelah terlambat ditangani. Salah satu upaya yang penting dilakukan untuk mengatasi masalah kanker dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat.


Sumber:

Bulan Peduli Kanker Payudara. (2016, Desember 22). Diambil kembali dari Kemenkes RI: https://pusdatin.kemkes.go.id/article/view/17013100001/bulan-peduli-kanker-payudara.html

Diskusi #UNALAtalk “Kenali Gejala Kanker Payudara Sejak Dini” bersama dr. Lucia Sri Rejeki pada Rabu, (26/8)