Fakta Ghosting yang Perlu Kamu Tahu!

#UNALAfact

Oleh Risne


Pernahkah sobat UNALA mendengar kalimat ini saat curhat ke temen, “Dia bukannya nggak peka, tapi kamu bukan prioritasnya.”

Kamu curhat tentang gebetan yang tiba-tiba aja menghilang, super duper jarang bales chat dari kamu padahal dulu gercep banget. Jangan-jangan itu tanda-tanda si dia lagi ghosting-in kamu.

Perihal ghosting ini nggak memandang jenis kelamin, baik cowok maupun cewek sama-sama bisa jadi korban dan pelaku, lho! Yuk, simak fakta menarik tentang ghosting!

KEBIASAAN GHOSTING COWOK

  • 13,64% cowok meng-ghosting
  • 16,67% cowok pernah di-ghosting
  • 36,36% cowok yang belum pernah mengalami ghosting dalam kapasitas apa pun
  • 33,33% cowok yang pernah meng-ghosting dan di-ghosting-in

KEBIASAAN GHOSTING CEWEK

  • 26,67% cewek meng-ghosting
  • 24,17% cewek pernah di-ghosting
  • 23,33% cewek yang belum pernah mengalami ghosting dalam kapasitas apa pun
  • 25,83% cewek yang pernah meng-ghosting dan di-ghosting-in

Dari data di atas menunjukan bahwa kebiasaan ghosting cowok maupun cowok nggak berbeda jauh.

TANDA-TANDA DOI LAGI GHOSTING-IN KAMU!

  • Tidak pernah menanyakan kabar duluan.

Namanya hubungan itu ‘saling’, saling memberi kabar, tapi kalau Cuma kamu terus yang pengen tahu keadaan doi, bisa jadi dia ghosting

  • Berusaha mempersingkat waktu ketika sedang berdua

Waktu makan berdua, eh kok dia lihat jam terus seperti orang yang terburu-buru. Tiap ditanya jawabnya singkat banget cuma iya atau enggak, padahal dulu percakapan kalian nggak ada abis-abisnya.

  • Super sibuk! Kamu bukan prioritasnya

Di-chat 08.00 AM, eh balesnya 08.30 PM tanpa ngasih tau dengan jelas kesibukan dia.

  • Pura-pura tidak mengerti ketika kamu mengajak keluar atau membahas tentang hubungan kalian.

Pengen banget rasanya makan bareng lagi, tapi si dia ada aja alesan dan berkilah nggak mau keluar bareng lagi.

  • Konsisten membatalkan janji di detik-detik terakhir

Ini nih yang paling nyebelin, kita sudah meluangkan waktu buat doi, eh malah dibatalin di detik-detik terakhir.

  • Pesan yang dikirimkan benar-benar SINGKAT

Kita udah nge-chat panjang lebar pakai salam, pembukaan, isi, hingga penutup. Tapi doi cuma bales, “oh.” Wah siapa nih yang pernah diginin?


Sumber: Diskusi UNALA Talk “Aku Ogah di-Ghosting! Yuk, Ngobrol!” bersama Dite Anindita, S.Psi., Konselor Pengembangan Diri dan Manager Branding & Social Media Wiloka Workshop pada Jumat, (21/8)