Menstruasi Bukan Hal Tabu, Yuk Cek Fakta-Fakta Seputar Menstuasi!

#UNALAfact

Oleh: Maulidya Risne Andini


Menstruasi merupakan hal yang normal di alami oleh remaja putri karena merupakan bagian dari pubertas. Meskipun demikian, masih banyak yang menganggap menstruasi sebagai hal yang tabu sehingga banyak beredar mitos yang berdampak buruk bagi sikap dan perilaku kita terhadap kesehatan diri.

Dalam kesempatan ini, UNALA menyajikan berbagai mitos seputar menstruasi beserta faktanya. Apa saja itu? penasaran kan. Nah inilah beberapa mitos dan fakta seputaran menstruasi yang penulis tampung dari hasil diskusi di kegiatan zoom yang diselenggarakan oleh UNALA.

MITOS 1

Ketika menstruasi tidak boleh mencuci rambut

  • Faktanya rambut dan kulit lebih berminyak ketika menstruasi, mandi dan mencuci rambut justru sangat dianjurkan untuk dilakukan.

MITOS 2

Ketika menstruasi sebaiknya tidak olahraga

  • Faktanya olahraga ringan dan peregangan dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang dialami karena kram perut ketika menstruasi.

MITOS 3

Ketika menstruasi sebaiknya mengurangi aktivitas

  • Faktanya jika tidak mengalami gangguan selama menstruasi seperti nyeri perut, lemas dan lain-lain, tidak ada alasan bagi remaja perempuan untuk mengurangi aktivitasnya.

MITOS 4

Makan nanas atau minuman bersoda dapat memperlancar menstruasi

  • Faktanya darah menstruasi keluar karena adanya kontraksi pada rahim. Makanan tidak akan berpengaruh pada kontraksi tersebut.

MITOS 5

Ketika menstruasi sebaiknya tidak tidur di siang hari

  • Faktanya istirahat yang cukup akan membantu tubuh untuk lebih segar dan mengurangi rasa lemas karena menstruasi.

MITOS 6

Menstruasi adalah darah kotor

  • Faktanya darah menstruasi adalah bagian yang normal dari tubuh perempuan. Remaja perempuan yang sedang menstruasi tidak kotor dan tidak perlu dijauhi.

MITOS 7

Penggunaan darah menstruasi sebagai masker dapat mengobati jerawat

  • Faktanya darah merupakan media yang baik untuk perkembangbiakan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Menggunakan darah menstruasi sebagai masker justru akan membuat wajah lebih mudah terkena bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

MITOS 8

Dilarang makan daging karena membuat darah menstruasi menjadi amis

  • Faktanya makan daging dan ikan baik bagi tubuh karena mengandung protein dan zat besi yang dibutuhkan untuk mengganti sel darah merah.


Sumber: Diskusi Kelas Kespro UNALA “Belajar Tentang Pubertas” Bersama dr. Sandeep Nanwani, MMSC pada Kamis, 23 Juli 2020.