Yuk, Kenali Apa Itu Self Care!

#UNALAcare

Oleh: Septia Annur Rizkia


Selama ini, ada beberapa pihak yang masih salah paham terkait pengertian self care. Perlu kita tahu, self care yang memiliki arti merawat diri bukan berarti berperilaku egois maupun narsis. Ya, antara self care, egois, dan narsis adalah tiga istilah yang berbeda secara esensi atau makna.

Self care (merawat diri), merupakan tindakan meluangkan waktu untuk diri sendiri, merawat diri, dan mencintai diri, dengan cara maupun langkah yang pastinya tidak merugikan pihak lain, serta dapat membantu kita untuk tetap sehat secara fisik maupun mental.

Selain itu, self care juga bisa membantu kita untuk kembali menyelami, menghargai, dan mencintai diri sendiri. Pastinya, melakkan segala hal dengan mempertimbangkan kesehatan diri, baik secara fisik maupun mental.

Istilahnya, sebelum kita mencoba memberikan cinta ke orang lain, alangkah baiknya jika kita memulai mencintai diri sendiri, dengan merawat, menerima, serta menghargai segala yang ada dalam tubuh.

Namun perlu digarisbawahi, menerima tubuh apa adanya bukan berarti membiarkan begitu saja tanpa merawatnya. Ya kalau misalkan sakit, perlu diobati, perlu dilakukan tindakan guna meminimalisir risiko bahaya terhadap kesehatan tubuh, ya dengan sebisa mungkin kita perlu melakukan upaya-upaya yang bisa dilakukan, dengan catatan tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Mengenai hal apa saja yang perlu kita lakukan dalam self care, nanti  bisa kita bahas di sesi selanjutnya.

Kalau kamu punya pertanyaan seputar kesehatan, isu-isu remaja, maupun kesehatan reproduksi, yuk segera hubungi 0811 2555 390, Gratis!

Refrensi: Psychologytoday.com, pijarpsikologi.org