Tips Self Care untuk Remaja selama Pandemi

#UNALAkasus

Oleh: Septia Annur Rizkia


Self care memiliki arti merawat diri. Ya, merawat diri merupakan kebutuhan semua manusia, baik usia anak, remaja, hingga dewasa sekalipun. Perlu digarisbawahi, self care berbeda dengan perilaku egois maupun narsis.

Merawat diri berarti kita mencintai segala hal yang telah melekat pada diri kita. Tapi bukan berarti pasrah. Mengoptimalkan segala potensi yang ada pada diri juga merupakan bentuk dari self care, dengan tetap mempertimbangkan kesehatan fisik dan juga mental.

Dengan catatan, melakukan hal-hal yang baik untuk kesehatan diri secara fisik maupun mental, dan menghindari segala macam hal yang itu berdampak buruk maupun merugikan kesehatan diri kita.

Nah, termasuk di tengah situasi pandemi yang pastinya berdampak pula pada kesehatan mental tiap orang, terutama remaja, perlu juga diperhatikan dengan baik.

Beberapa waktu lalu, dalam diskusi zoom meeting UNALA dengan tema “Sumringah saat Belajar di Rumah aja”, kak Anastasia Satriyo, seorang psikolog klinis menjelaskan beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai upaya self care (merawat diri) untuk remaja selama pandemi, diantaranya yaitu:

  • Menerima dan menyadari bahwa segala macam emosi yang kita rasakan adalah suatu hal yang wajar dan alamiah.

Asal dengan catatan, kita pun perlu mengelola emosi tersebut dengan sebaik mungkin. Jika memerlukan bantuan, ceritalah ke seseorang yang menurut kita bisa dipercaya serta bisa membuat kita lebih nyaman. Atau bisa juga datang ke tenaga professional.

  • Ciptakan rutinitas baru dan buat fokus perhatian yang lebih sehat untuk diri kita.

Ya, jika sekiranya suatu hal itu menganggu dan tidak baik untuk kesehatan fisik maupun mental, lebih baik kita hindari, dan cari hal-hal yang membuat kita jadi merasa lebih baik, agar kita pun bisa menikmati waktu-waktu yang lebih produktif.

  • Cari cara baru untuk bisa tetap terhubung dengan teman, saudara, maupun keluarga, bisa dengan media virtual atau lainnya.
  • Fokus kembangkan diri sendiri, hobi baru, belajar bahasa baru, dan lain sebagainya.

Nah, kalau kamu ingin curhat atau konsultasi ke layanan kesahatan, bisa juga dengan menghubungi 0811 2555 390, Gratis!

Refrensi: Diskusi Zoom meeting UNALA, “Sumringah saat Belajar di Rumah aja”, oleh Anastasia Satriyo, M.Psi., Psikolog