Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi di Tengah Situasi Pandemi

#UNALAcare

Oleh: Septia Annur Rizkia


Menjaga kebersihan diri dan lingkungan perlu dilakukan di setiap tempat maupun waktu, kapanpun dan dimanapun itu, tak terkecuali di situasi pandemi saperti saat ini.

Ngomongin Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pastinya berkaitan pula dengan organ tubuh maupun lingkungan hidup manusia. Nah tidak lepas pula dengan keadaan serta kondisi organ reproduksi, tak terkecuali di usia remaja.

Ya, usia remaja merupakan masa-masa transisi dari usia anak ke usia dewasa, disebut pula sebagai usia produktif.

Sedangkan kesehatan reproduksi remaja sebagaimana yang ada di situs resmi Kementerian Kesehatan yaitu, kondisi kesehatan yang menyangkut masalah kesehatan organ reproduksi, yang kesiapannya dimulai sejak usia remaja ditandai oleh haid pertama kali pada remaja perempuan atau mimpi basah bagi remaja laki-laki.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa kesehatan reproduksi remaja meliputi fungsi, proses, dan sistem reproduksi remaja. Sehat yang dimaksudkan oleh para ahli di bidangnya yaitu tidak hanya semata-mata bebas dari penyakit atau dari cacat saja, tetapi juga sehat baik fisik, mental maupun sosial.

Maka, menjaga kesehatan reproduksi sangatlah penting, tak terkecuali di tengah situasi pendemi yang tidak jarang membuat sebagian orang panik dengan keadaan yang belum menentu seperti saat ini.

Selalu waspada dan hati-hati adalah bentuk usaha menjaga diri dari virus menular tersebut. Selain itu juga tetap memperhatikan kesehatan reproduksi, diantaranya dengan melakukan langkah-langkah yang telah dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan.

– Pakai handuk yang lembut, kering, bersih, dan tidak berbau atau lembab.

– Memakai celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

– Pakaian dalam diganti minimal 2 kali dalam sehari.

– Selalu cuci tangan dengan sabun setiap kali buang air kecil/ besar dan keringkan dengan tisu.

– Selalu bawa pembalut dan celana dalam ganti di dalam tas. Juga tisu kering dan handsanitizer saat tidak tersedia sabun di toilet umum.

– Bagi perempuan, basuh organ reproduksimu dari depan ke belakang, jangan kebalik ya! Kalau kebalik, nanti bakteri/ kuman yang ada di anus bisa masuk ke dalam organ reproduksimu loh.

– Bagi laki-laki, wajib banget dibasuh organ reproduksinya kalau selesai buang air kecil.
Kalau pulang bepergian, buang maskermu, taruh barang yang kamu bawa, segera mandi dan cuci pakaian yang kamu pakai untuk mencegah penularan Covid-19.

Serta, jangan lupa untuk segera bersihkan diri serta ganti baju setelah bepergian dan beraktivitas di luar rumah, guna meminimalisir penyebaran Covid-19 yang sedang melanda negara-negara yang ada di dunia ini.

Pengetahuan tentang kesehatan reproduksi sangatlah penting terutama di usia remaja, sebab minimnya pengetahuan remaja tantang kesehatan reproduksi bisa berdampak pada perilaku berisiko.

Maka, peran dari orang tua, pendidik, serta pemangku kebijakan sangatlah penting dalam mendampingi remaja mencari dan menemukan kesehatan reproduksi yang tepat.


Referensi: Promkes.kemkes.go.id