Hand Sanitizer Vs Sabun Cuci Tangan Mana yang Lebih Efektif?

#COVID-19

Oleh : Maulidya Risne Andini


Di tengah pandemi covid-19 saat ini, kebutuhan terhadap alat kebersihan diri seperti hand sanitizer semakin meningkat mengingat kuman penyebab penyakit sangat mudah ditularkan melalui tangan. Sayangnya, kesadaran ini banyak menimbulkan perilaku panic buying sehingga terjadi kelangkaan serta harganya yang melonjak sangat mahal.

“Maaf, hand sanitizer habis!,” begitulah kira-kira yang tertulis di berbagai etalase apotek atau minimarket di berbagai tempat. Apakah di tempat tinggalmu juga begitu?

Ngomong-ngomong soal hand sanitizer, sebenarnya kita tidak perlu khawatir apalagi sampai latah memborong hand sanitizer karena ada cara yang lebih efektif dan murah untuk menjaga kebersihan tangan, lho!

Yap, cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan air mengalir!

CTPS pasti sudah sering kita dengar sejak kecil dan terbukti manfaatnya dalam mencegah penularan penyakit, terutama di masa corona outbreak seperti saat ini. Terkadang, tangan yang terlihat bersih masih mengandung kuman. Untuk itu, sabun cuci tangan berfungsi membunuh kuman penyebab penyakit seperti virus corona serta air yang mengalir dapat meluruhkan residu kuman yang tertinggal ditangan.

Jangan lupa untuk mengeringkan tangan menggunakan tisu atau saputangan yang bersih karena kuman lebih mudah menyebar di tangan yang basah daripada tangan yang kering. Hal ini merupakan cara paling efektif membersihkan kuman tanpa meyebarkannya ke permukaan yang lain.

Lantas, mengapa kita masih perlu hand sanitizer?

Hand sanitizer ataupun cairan pembersih tangan lainnya yang mengandung setidaknya 60% alkohol menjadi pilihan terbaik saat kamu kesulitan atau tidak dapat mengakses fasilitas CTPS dan air mengalir seperti saat bepergian atau ketika mengunjungi tempat-tempat yang tidak memiliki fasilitas CTPS yang memadai.

Baik, CTPS maupun hand sanitizer sama efektifnya membunuh kuman dan patogen penyebab penyakit selama digunakan dengan benar. Walaupun dapat membunuh virus corona, hand sanitizer tidak dapat membunuh semua jenis bakteri dan virus, misalnya norovirus dan rotavirus.

Oleh karena itu, begitu kamu menemukan fasilitas cuci tangan, segera cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, ya!


Referensi

  • Fakta penting tentang cuci tangan pakai sabun untuk melindungi Anda dari coronavirus (COVID-19): Cuci tangan pakai sabun untuk melindungi diri Anda dan keluarga . (2020, Maret 20). Retrieved from unicef.org: https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/cuci-tangan
  • Mengapa harus mencuci tangan dengan air bersih dan sabun? (2018, September 21). Retrieved from P2PTM Kemenkes RI: http://p2ptm.kemkes.go.id/preview/infografhic/mengapa-harus-mencuci-tangan-dengan-air-bersih-dan-sabun