Peran Remaja dalam Pencegahan Covid-19

#COVID-19

Oleh: Septia Annur Rizkia


Nah, dalam memerangi wabah virus corona atau yang disebut Covid-19 ini, bekerjasama dan saling bahu-membahu adalah tugas kita semua tanpa terkecuali, terutama remaja.
Dalam hal ini, remaja juga memiliki peran yang cukup penting dan strategis dalam pencegahan penyebaran Covid-19 tersebut.

Mengapa demikian? Terlebih karena remaja merupakan generasi yang memiliki sistem imun tubuh yang lebih baik dari orang-orang tua atau yang sudah lanjut usia. Jika remaja mampu mencegah dirinya dari infeksi virus yang bisa menular tersebut, maka akan membantu berkurangnya angka penularan ke orang lainnya, terutama pada orang-orang tua yang lebih rentan terpapar virus tersebut.

Selain itu, karena tidak semua orang yang terpapar virus corona mengalami gejala-gejala fisik seperti batuk, flu, pilek, demam, maupun sesak nafas. Sebab virus ini juga bergantung pada sistem imun tubuh, bisa jadi kita yang sistem imun tubuhnya stabil dan baik sehingga kita pun baik-baik saja, sedangkan orang lain yang tertular virus yang kita bawa tidak menutup kemungkinan mengalami risiko-risiko dari virus tersebut.

Nah maka dari itu, kita sebagai generasi remaja perlu menanamkan kesadaran penuh atas segala tindakan yang kita lakukan, guna tidak merugikan orang lain, melainkan bermanfaat untuk orang lain dan kehidupan.

Hal-hal yang bisa kita lakukan sebagai remaja dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, diantaranya yaitu:

– Saling menjaga jarak fisik minimal 1 meter.

Menerapkan physical distancing atau jarak fisik terhadap siapapun dan dimanapun berada, selama masa pandemi ini.

– Mengurangi aktivitas di luar rumah.

Jika tidak ada keperluan yang mendesak dan selama masih bisa dikerjakan atau dilakukan di rumah, lebih baik tidak keluar rumah terlebih dahulu, sampai masa pandemi ini berakhir.

– Tidak mudah membagikan informasi dari sumber yang belum jelas.

Ketika mendapat informasi maupun berita, jangan segera dibagikan sebelum diteliti maupun dicek kevalidan atau kebenarannya. Hindari hal-hal yang bisa membuat orang lain panik maupun cemas.

– Berhati-hati dan menghindari hoaks.

Memilah dan memilih setiap informasi yang masuk, dan jangan mudah menerima serta menelannya mentah-mentah.

– Membagikan informasi yang kredibel dan tidak membuat orang panik.

Jika konten tersebut bermanfaat serta dari sumber yang jelas dan kredibel, bisa untuk dibagikan ke orang lain dengan tujuan saling mengedukasi agar bisa sama-sama terpapar informasi yang baik dan benar.

– Menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Menerapkan pola hidup bersih bisa dimulai dengan menjaga kebersihan diri sendiri, dengan tetap memperhatikan sekitar dan lingkungan kita berada.

Selain itu, menjaga pola hidup sehat bisa dengan makan makanan bergizi, minum air putih yang banyak, melakukan aktivitas fisik, maupun mengatur jam tidur yang teratur di setiap harinya, serta menghindari hal-hal yang merugikan kesehatan fisik maupun psikis kita.

– Turut bersolidaritas terhadap sesama yang membutuhkan.

Karena manusia adalah makhluk sosial, maka kita pun tidak bisa hidup seorang diri, pastinya saling membutuhkan satu sama lain. Menjaga kekompakan , gotong royong, dan saling membantu adalah tugas kita bersama, terutama jika ada yang membutuhkan pertolongan atau uluran tangan.

– Tidak menstigma seseorang yang terkonfirmasi Covid-19.

Menghilangkan stigma atau justifikasi ke pihak yang rentan adalah tugas kita semua sebagai sesama manusia. Menanamkan dalam pikiran bahwa seseorang yang positif Covid-19 bukanlah aib menjadi tugas kita semua.

Menjaga diri bukan berarti dengan cara mendiskriminasi, melainkan dengan melakukan tindakan pencegahan penularan atau penyebaran yang telah dianjurkan oleh tenaga ahli di bidangnya.

Nah, sebagai generasi remaja, seberapa siap kita melakukan aksi pencegahn Covid-19 tersebut? Mari kita renungkan, refleksikan, serta lakukan bersama-sama.

Kalau kamu ingin berkonsulltasi atau curhat terkait situasi pendemi ini, bisa menghubungi 0811 2555 390, para tenaga medis mitra UNALA akan mencoba membantumu. Bisa juga download aplikasi UNALA untuk mengikuti informasi-informasi dari kami.