Tips Merespon Situasi Covid-19

#COVID-19

Oleh: Septia Annur Rizkia


Adanya situasi wabah Covid-19 ini, menjadikan setiap orang untuk tetap berhati-hati, baik dalam bersikap, berucap, maupun bertindak, untuk meminimalisir kepanikan serta ketakutan banyak orang.

Bagaimana caranya? Ya, menjadi pribadi yang lebih responsif dengan mempertimbangkan banyak hal, berhati-hati, dan tetap tenang merupakan salah satu cara agar kita bisa lebih bijak dalam memutuskan hal serta melakukan tindakan.

Nah, kali ini kami akan mencoba memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan agar kita lebih responsif dan tidak reaktif yang berkesan tergesa-gesa tanpa mempertimbangkan banyak hal, diantaranya yaitu:

– Terima perasaan-perasaan yang sedang kamu rasakan.

Perasaan positif maupun negatif itu sama baiknya, asal semua itu bisa dikelola dengan baik dan benar. Jujur serta akui segala emosi atau perasaan yang dirasa dan sedang dialami pada saat itu, baik itu sedih, takut, panik, kecewa, marah, senang, hingga bahagia.

Yang tidak baik yaitu memendam perasaan atau emosi yang berlarut-larut serta tidak dikelola dengan semestinya. Dan jangan berlebihan, terutama pada emosi negatif, sebab hal tersebut dapat mempengaruhi sistem imun tubuh kita.

– Periksa risiko yang sedang kamu hadapi.

Nah, memeriksa segala risiko yang terjadi di luar diri kita maupun dalam diri kita. Jika terdapat berita atau informasi, sebaiknya diperiksa dulu sumbernya, apakah bisa dipercaya atau tidak.

Tetap tenang, tarik nafas pelan-pelan, lepaskan, dan jangan panik. Periksa, periksa, dan periksa kebenaran dari segala informasi atau berita yang masuk.

– Lakukan tindakan dan pencegahan yang sesuai.

Nah, akan lebih baik jika kita tetap menjaga kebaikan diri sendiri dan orang lain, dengan melakukan pencegahan yang sesuai. Yaitu melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19 sebagaimana protokol dari tenaga medis, World Health Organization (WHO), maupun Kementerian Kesehatan.

– Refleksikan apa yang sudah kamu tahu dan lakukan.

Terkait apapun yang sudah kita tahu, cobalah untuk direfleksikan, serta hal apa yang sudah dilakukan, apakah itu berisiko pada diri sendiri dan orang lain, atau tidak.

Apa yang sudah kita tahu, dan dirasa dapat dipercaya serta dipertanggungjawabkan, dan untuk kebaikan banyak orang, segeralah lakukan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang kita miliki.

Nah gitu ya sobat, tetaplah menjadi pribadi yang bijak dalam menyikapi segala hal. Kalau kamu ingin curhat maupun konsultasi ke tenaga medis mitra UNALA, yuk segera hubungi 0811 2555 390, Gratis! Download juga aplikasi UNALA untuk mengikuti informasi-informasi dari kami.