Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikis selama Physical Distancing (Jarak Fisik)

#COVID-19

Oleh: Septia Annur Rizkia


Beberapa waktu ini, kita semua dihimbau untuk selalu jaga jarak dengan orang lain, terutama fisik, istilahnya yaitu physical distancing.

Menjaga jarak fisik sama halnya dengan mengurangi kontak fisik dengan orang lain salama situasi pandemi Covid-19 ini. Tujuannya yaitu untuk mengurangi risiko penyebaran virus.

Nah, dengan adanya himbauan untuk jaga jarak fisik ini, pastinya membuat banyak orang untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, bekerja di rumah bagi yang memungkinkan, serta jaga jarak fisik jika seandainya mengharuskan keluar rumah karena kebutuhan yang mendesak.

Agar kita semua tetap sehat baik secara fisik maupun psikis, terutama karena berkurangnya interaksi sosial dengan orang lain, maka kami pun akan mencoba membagikan beberapa tips atau langkah-langkah yang bisa dilakukan selama Physical Distancing atau jaga jarak fisik ini, diantaranya yaitu:

– Tetap terhubung dengan orang lain, seperti: keluarga, teman, atau saudara melalui media online.

– Menanam harapan positif.

– Mengomunikasikan hal yang menganggu, pada orang yang bisa dipercaya.

– Mengedukasi diri dengan informasi yang jelas dan kredibel.

– Menghindari informasi dari sumber yang tidak jelas dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

– Melakukan aktivitas fisik atau olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah.

– Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

– Menjaga pola hidup yang sehat.

– Jika muncul perasaan cemas, segera akui, dan lakukan relaksasi dengan mengambil nafas panjang dan keluarkan secara pelan, bisa diulang-ulang sampai 6 kali.

Nah gitu sobat, kalau kamu ingin berkonsultasi atau curhat, bisa juga menghubungi layanan UNALA dengan menghubungi 0811 2555 390, Gratis! Bisa juga download aplikasi UNALA di playstore.