Apa Bedanya Physical Distancing dengan Social Distancing?

#COVID-19

Oleh: Septia Annur Rizkia


Sebagaimana yang kita tahu, salah satu cara untuk mencegah penyebaran corona virus yaitu dengan merupakan social distancing sebagaimana yang dianjurkan oleh World Health Organization (WHO).

Namun, sejak Jumat (20/3/2020), WHO pun mengaganti frasa social distancing menjadi physical distancing.

Alasan dari penggantian frasa ini yaitu, untuk mengklarifikasi bahwa terdapat perintah tetap tinggal di rumah guna mencegah penyebaran corona virus. Namun, tidak berarti seseorang memutus kontak dengan orang lain secara sosial.

Garis besarnya ialah tetap harus menjaga jarak fisik untuk memastikan penyakit tidak menyebar. Walaupun, tujuan dari kedua istilah tersebut sebenarnya sama, yaitu untuk mencegah adanya penyebaran corona virus.

Karena ditakutkan adanya kesalahpahaman makna, maka beberapa negara salah satunya Indonesia pun mulai mengubah istilah social distancing menjadi physical distancing.

Jadi, dalam informasi resmi yang dikeluarkan WHO terkait alasan penggantian frasa dari social distancing menjadi physical distancing yakni agar setiap orang tetap dapat terkoneksi, walaupun hanya melaui media sosial maupun aplikasi-aplikasi yang tersedia lainnya.

Nah, dengan adanya pembatasan sosial atau menjaga jarak adalah serangkaian tindakan pengendalian infeksi non-farmasi yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular.

Sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, Bapak Joko Widodo, presiden Republik Indonesia.

“Di negara kita, yang paling tepat adalah physical distancing – meminta setiap warga menjaga jarak aman satu dengan yang lain. Kalau “jaga jarak” ini bisa kita lakukan dengan disiplin, saya yakin bahwa kita akan bisa mencegah penyebaran Covid-19 ini.”

Nah, dari situ kita semua harus saling menjaga ya sobat, minimal menjaga jarak antara satu dengan yang lain hingga keadaan kembali kondusif seperti dulu lagi. Ada sumber yang mengatakan minimal 1 meter, ada pula yang 1,5 meter, dan ada juga yang mengatakan 2 meter lebih aman dan lebih baik.

Jadi, kalau kamu ada pertanyaan seputar kesehatan atau ingin berkonsultasi online, yuk segera hubungi 0811 2555 390, atau download aplikasi UNALA di playstore untuk mengikuti informasi-informasi dari kami.