Yuk Ketahui Pentingnya Prinsip Body Positivity!

#UNALAfact

Oleh: Septia Annur Rizkia


Berkaitan dengan prinsip Body Positivity, atau cara yang bisa membuat orang menerima tubuh apa adanya, baik ketika bentuk, ukuran, dan kemampuan tubuh berubah karena sifat, usia, maupun pilihan hidup. Hal yang perlu diperhatikan yaitu, tetap harus peduli dengan kesehatan tubuh.

Kesehatan serta kebutuhan tubuh menjadi prioritas utama, bukan berarti egois atau hanya mementingkan diri sendiri. Bukan seperti itu, dalam artian menjaga serta mencintai diri sendiri dengan tanpa merugikan atau menyakiti pihak manapun.

Adanya body positivity menandakan bahwa semua orang berhak memperoleh citra tubuh yang positif, meskipun orang lain memandang sebaliknya.

Prinsip demikian sangatlah penting agar seseorang bisa tetap menghargai tubuh yang dimilikinya, baik untuk perempuan maupun laki-laki dengan ragam usia.

Menerima diri dengan apa adanya bukan berarti pasrah dengan keadaan. Jika kondisinya tidak baik untuk segi kesehatan, tetap harus dijaga dan dirawat sesuai dengan prosedur tenaga kesehatan. Kuncinya, kesehatan adalah priotitas utama, baik kesehatan secara fisik maupun psikis.

Nah, ada bebarapa tokoh atau aktor dalam dan luar negeri yang mengampanyekan gerakan Body Positivity tersebut. Namun di kesempatan ini, kami akan lebih meyoroti beberapa aktor dalam negeri atau Indonesia, diantaranya ada Candrika Soewarno.

Melansir dari tulisan tirto.id, melalui Instagram, Candrika mempromosikan #peluk diri, sebuah proyek body positivity yang ia wujudkan lewat ilustrasi dan narasi. Dalam keterangan gambar, ia mengajak para perempuan untuk menyadari bahwa yang mempunyai kuasa atas tubuh mereka, adalah mereka sendiri, bukan orang lain.

Selain itu, ada juga Kartika Jahja. Tirto.id menuliskan, Kartika Jahja pernah merilis video klip yang berisi pesan body positivity untuk dikonsumsi publik. Melalui video yang bertajuk “Tubuhku Otoritasku”,ia ingin mematahkan stigma-stigma negatif terkait bentuk tubuh dan penampilan perempuan.

Nah, ada juga Tara Basro yang beberapa waktu terakhir mengampanyekan gerakan body positivity melalui akun instagramnya. Ia memperlihatkan bentuk lekukan tubuh yang apa adanya, dengan maksud bahwa tubuh artis pun tidak selalu sempurna seperti yang dipropagandakan oleh media-media pada umumnya. Ya, ia mengajak kita semua untuk mencintai tubuh dengan segala kekurangan dan kelebihan.

Hal-hal yang perlu diketahui terkait Body Positivity

Berkenaan dengan Body Positivity, ada juga beberapa hal yang disalahpahami, diantaranya:

  • Body Positivity bukan cara untuk membuat diri lebih cantik atau tampan, melainkan membahas keyakinan bahwa setiap tubuh sangat berharga. Hal yang perlu ditekankan, meyakinkan diri sendiri bahwa setiap tubuh itu memiliki keuinikannya masing-masing.
  • Bukan tentang pencapaian.

Artinya, bukan berarti sangat ambisius dalam mencapai suatu hal. Misalnya, ingin mendapat berat badan ideal dengan diet, padahal ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk menurunkan berat badan. Yang perlu diingat kembali, diet bukan satu-satunya jalan untuk menerima bentuk tubuh. Nah, yang terpenting yaitu tetap memperhatikan kesehatan tubuh.

  • Menerapkan self-care, yakni tindakan untuk memelihara kesehatan dan meningkatkan kebahagiaan, tidak selalu dengan cara yang mahal dan glamor.

Self care (perawatan diri) bisa dilakukan dengan banyak cara, atau dengan cara-cara sederhana sekalipun. Semisal, menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat dan teratur.

  • Sudut pandang seseorang dalam menerima tubuhnya tidak bisa dipisahkan menjadi sesuatu yang hitam-putih.
  • Setiap orang berhak merasakan emosi dalam bentuk dan tingkat yang berbeda-beda terkait tubuhnya.
  • Setiap orang akan melewati fase yang berbeda sebelum bisa betul-betul menerapkan body positivity.

Body positivity merupakan keyakinan yang dibangun seiring waktu. Kita tidak dapat memperoleh body positivity secara instan, kita perlu menjalani proses panjang untuk meraihnya. Dan kita bisa mengawalinya dengan beberapa langkah kecil

Dan kalau kamu ingin konsultasi ke layanan UNALA, bisa menghubungi 0811 2555 390.