Apa sih Bedanya Seks, Seksual, dan Seksualitas?

#UNALAcare

Oleh: Septia Annur Rizkia


Nah, dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak bisa lepas dari istilah seks, seksual, dan seksualitas, yang tidak jarang masih menganggapnya tabu untuk diperbincangkan di wilayah publik. Bedanya apa sih? Bukannya hampir sama ya?

Ya jelas berbeda. Jadi gini, sebelum kita dengan mudah menggunakan istilah-istilah tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita pahami dengan seksama terlebih dahulu.

Pertama yaitu seks. Pengertian dari seks itu sendiri adalah, penamaan terhadap fungsi biologis atau yang bisa disebut alat kelamin maupun fungsi reproduksi yang ada pada manusia. Yaitu vagina pada perempuan dan penis pada laki-laki.

Kedua yaitu seksual. Seksual sendiri diartikan sebagai aktifitas seks yang melibatkan organ tubuh manusia, baik secara fisik maupun non fisik. Aktifitas seksual itu bermacam-macam, sama halnya perilaku seksual yang beraneka ragam. Selain itu, ada pula istilah terkait orientasi seksual, maupun identitas gender. Ketiga hal tersebut, yaitu perilaku seksual, orientasi seksual, hingga identitas gender adalah tiga hal yang berbeda.

Nah, sekarang kita bahas terkait seksualitas terlebih dahulu. Seksualitas merupakan aspek-aspek dalam kehidupan manusia yang cakupannya luas. Yaitu mencakup faktor biologis, sosial, politik, dan budaya, yang terkait dengan seks dan aktifitas seksual yang mempengaruhi individu dalam masyarakat.

So, perbincangan terkait seks, seksual, dan seksualitas, Bukan soal hubungan seksual atau organ reproduksi saja tetapi lebih kompleks tentang perkembangan manusia dan hubungan kita dengan orang lain, itu yang perlu kita garis bawahi. Bahwa, hal-hal tersebut perlu dipelajari dan dipahami dengan tujuan edukasi atau pendidikan.

Nah, dengan itu, jika kita sudah paham perbedaan antara seks, seksual, dan seksualitas, anggapan-anggapan tabu pun, akan mulai terkikis sedikit demi sedikit. Penulis sudahi dulu ya, akan disambung lagi di pembahasan selanjutnya.

Kalau kamu punya pertanyaan seputar topik tersebut, atau hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, bisa menghubungi 0811 2555 390.