Yuk, Ketahui Apa Itu Grooming!

#UNALAcare

Oleh: Septia Annur Rizkia


Grooming sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti dandan. Namun dalam konteks ini kita bukan membahas arti dari dandan tersebut, melainkan lebih pada perilaku grooming.

Apa itu Grooming?

Merujuk pada definisi Lembaga Internasional Masyarakat untuk Pencegahan Kekejaman terhadap Anak-anak atau National Society for the Prevention of Cruelty to Children (NSPCC), grooming merupakan upaya yang dilakukan seseorang untuk membangun hubungan, kepercayaan, dan hubungan emosional dengan seorang anak atau remaja, sehingga mereka dapat memanipulasi, mengeksploitasi, hingga pada tindakan kekerasan seksual yang beragam bentuknya itu.

Menurut psikiater forensik Amerika, Michael Mark Welner, M.D. dalam situs oprah.com, grooming merupakan proses di mana pelaku membujuk korban ke dalam hubungan seksual dan menjaga hubungan tersebut secara diam-diam. Nah, orang-orang yang melakukan grooming disebut groomer.

Di banyak negara, grooming sendiri pun tidak jarang dijadikan cara untuk melakukan aksi tindakan pelecehan hingga kekerasan seksual lainnya. Ya, grooming dijadikan salah satu modus kejahatan si pelaku untuk mengelabuhi si korban. Tentu bukan hal yang mudah bagi si korban yang sudah terlanjur terjebak, untuk bisa keluar dari jeratannya itu.

Sedangkan kalau menurut ketua KPAI, Retno Listyarti mengatakan, ada dua ciri utama bagi anak yang berisiko mudah terpengaruh grooming, yaitu anak-anak yang belum mempunyai bekal pendidikan seks sejak dini dan yang tidak mau bercerita kepada orang tuanya terkait hal yang dialaminya, atau lebih cenderung tertutup.

Perlu menjadi perhatian bersama, siapapun juga bisa menjadi pelaku dari kejahatan grooming tersebut, baik dari orang asing maupun orang-orang terdekat sekalipun, entah keluarga, saudara, teman, tetangga, hingga pasangan sekalipun.

Sama halnya, siapapun juga bisa menjadi korban dari tindakan grooming yang jahat dan merugikan tersebut. Baik dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa sekalipun. Untuk bisa mengetahui serta mengenali tanda maupun ciri-ciri yang mengarah pada tindakan grooming pun bukanlah hal yang mudah. Ya, semua itu perlu dibelajari dengan baik dan seksama.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh lagi terkait grooming, fakta-fakta yang meliputi, dan lain halnya mengenai grooming itu sendiri, akan kita ulas lagi di artikel selanjutnya ya sobat.

Oiya, jika kamu punya pertanyaan seputar relasi antar manusia, hubunganmu dengan pasangan, maupun kesehatan fisik serta ketubuhanmu, bisa datang ke layanan ramah remaja UNALA. Info selengkapnya hubungi 0811 2555 390. Gratis!