Tips Ketika Menghadapi Situasi Ghosting

#UNALAtips

Oleh: Septia Annur Rizkia


Usai membahas fakta mengenai ghosting, kali ini kita akan mendiskusikan terkait strategi dalam menghadapi kondisi tersebut ya. Nah, siapapun yang sedang atau pernah dalam posisi menjadi korban atas kejahatan ghosting, pastinya muncul perasaan yang beraneka macam. Dari sedih, galau, bingung, patah hati, dan rasa-rasa lainnya.

Meluapkan beban emosional bukanlah hal yang salah, asal tidak sampai merugikan diri sendiri dan orang lain. Terutama untuk yang baru saja mengalami kondisi tersebut, tenanglah, hal itu bukanlah salahmu. Hanya saja terkadang kita pun belum memiliki kesadaran akan jebakan-jebakan dalam suatu hubungan. Sebab, kita pun juga tidak bisa membaca niat dan pikiran yang ada di hati maupun kepala masing-masing orang.

Tapi jika kenyataannya kita diperlakukan sedemikan rupa, berarti itu murni bukan kesalahan diri kita yang ditinggal tanpa kejelasan tersebut. Tapi itu benar-benar dia-nya yang meng-ghosting kita lah yang memang sangat menyebalkan dan tak berperasaan.

Maka, untuk sobat yang sedang dalam kondisi tersakiti dan patah hati akibat di-ghosting, kami akan mencoba memberikan beberapa tips agar pulih dari keadaan menyebalkan tersebut. Nah, berikut merupakan kiat-kiat yang kami rangkum dari laman website tirto.id, yang nantinya bisa kamu coba dan lakukan:

  1. Membiarkan waktu yang akan menyembuhkan.
  2. Bertemu dengan orang baru.
  3. Tetap berinteraksi dengan orang lain dalam lingkaran sosial.
  4. Melakukan hal-hal yang membuat perhatianmu teralihkan.
  5. Mengerjakan hobi-hobi yang sempat terbengkalai.
  6. Mencintai diri sendiri (self love).
  7. Saran dari Vilhauer seorang psikolog dan penulis, gunakan energimu untuk fokus ke hal-hal yang membuatmu bahagia.

Nah, begitulah saran-saran yang bisa kami berikan. Keputusan untuk mencoba melakukannya maupun tidak, itu adalah hak dan pilihan masing-masing dari kita. Begitu dulu ya, kita akhiri  pembahasan mengenai ghosting kali ini.

Terakhir, jangan lewatkan  artike-artikel dari kami selanjutnya ya sobat!

 Referensi: Tirto.id