Tips Menjalin Relasi Sehat dengan Sesama

#UNALAtips

Oleh: Setia Annur Rizkia


Melanjutkan topik kemarin lalu mengenai relasi sehat. Sebelumnya, kita usai membahas terkait ciri maupun contoh dalam menjalin relasi sehat. Nah, sekarang kita akan melanjutkan terkait tips menjalin relasi sehat tersebut. Apa aja sih?

Berikut kiat-kiat dari kami yang bisa dicoba dan dilakukan:

1. Kenali diri sendiri.

Mencoba mengenali diri sendiri sebelum mengenal orang lain lebih jauh. Hal ini diperlukan dalam membangun relasi yang baik dengan orang lain. Sebab, bagaimana kita bisa mengenal orang lain dengan baik jika dengan diri sendiri pun tidak mengenal.

2. Saling menerima masukan teman / pasangan

Hal ini menjadi salah satu komponen dalam membangun relasi baik dengan orang lain. Baik dengan keluarga, teman, pasangan, maupun sesama manusia lainnya. Saling memahami dengan cara menerima masukan satu sama lain, dan juga saling menerima perbedaan yang ada.

3. Saling menghargai dan menghormati.

Dalam artian, saling menghargai segala macam keragaman yang ada, serta menghormati setiap keputusan maupun pilihan masing-masing pihak.

4. Saling mendukung.

Yaitu mendukung dari setiap keputusan maupun pilihan masing-masing pihak. Dalam hal tersebut kita tidak berhak ikut campur dalam urusan orang lain yang sifatnya pribadi.

5. Bangun kepercayaan bahwa dukungan yang diberikan tulus & tidak mengharap imbalan

Membangun hubungan kepercayaan antara teman / pasangan bahwa apa yang dilakukan murupakan tindakan yang tulus dan tidak ada embel-embel apapun.

6. Tidak manipulatif.

Tidak melakukan manipulasi dalam suatu hal ke orang lain. Artinya, tidak melakukan kebohongan-kebohongan yang dapat merugikan pihak lain. Sebab, kebiasaan bohong yang diterus-teruskan akan berakibat tidak baik dalam suatu relasi. Dan hal tersebut bisa berakibat fatal, karena dalam manipulasi tersebut terdapat juga unsur menipu, bisa dari segi materi maupun hal-hal lainnya.

7. Melakukan komunikasi asertif.

Dalam segala hubungan, komunikasi sangatlah diperlukan, terutama komunikasi asertif. Komunikasi asertif yaitu suatu komunikasi yang dilakukan dengan baik-baik dari pihak satu ke pihak lainnya.

Menyampaikan perasaan serta emosi yang dirasakan ke lawan bicaranya, entah rasa kentidak nyamanan, tidak suka, dan lain-lain. Poinnya, dilakukan dengan cara baik-baik, tidak saling menyakiti, serta tidak dengan cara agresif.

Nah, demikian tips-tips dari kami. Bisa dicoba dan dilakukan dengan baik dan pelan-pelan. Selamat mencoba ya sobat!