Yuk, Ketahui Fakta Mengenai Relasi Sehat!

#UNALAfact

Oleh: Septia Annur Rizkia


Sebagaimana ulasan sebelumnya, bahwa relasi sehat itu cakupannya luas, yaitu dengan sesama manusia yang ada di sekeliling. Selain itu, yang menjadi pokok dalam menjalin relasi sehat yaitu adanya hubungan yang menjunjung nilai-nilai kesetaraan dan tanpa ada unsur kekerasan di dalamnya. Kekerasan dalam bentuk apapun, tidak diperkenankan, itulah yang dinamakan relasi atau hubungan sehat.

Fakta Menjalin Relasi Sehat

Membangun relasi sehat merupakan hal penting. Sebab, kita sebagai makhluk sosial membutuhkan satu sama lain. Bukan berarti saling bergantung, tapi adakalanya kita membutuhkan bantuan orang lain, adakalanya pula kita perlu mengulurkan tangan untuk orang lain.

Perlu diketahui bersama, membangun relasi sehat dengan semua manusia yang ada di bumi ini, memiliki banyak manfaat bagi masing-masing individu, diantaranya yaitu:

  • Bisa membantu proses pengembangan sistem syaraf.

Menurut sebuah penelitian yang ada, sistem saraf manusia dapat terkoneksi dengan sangat baik jika berada di dalam sebuah relasi yang sehat dengan manusia lain. Artinya, hal itu bisa membantu kita untuk tumbuh menjadi individu yang baik dalam menjalankan tugas sebagai manusia.

  • Bisa membantu proses pengembangan diri.

Selain itu, juga mampu membantu proses pengembangan diri kita. Dalam artian, menjalin hubungan dengan sesama tidak lepas dari sebutan kita sebagai makluk sosial. Yaitu, membangun hubungan yang baik dengan orang lain, saling berkomunikasi, berjejaring, bertukar gagasan, pendapat, maupun informasi.

Hal tersebut juga memiliki peran dalam proses pengembangan tiap individu. Belajar banyak hal dari sesama manusia lainnya dengan menjalin hubungan yang sehat tersebut.

  • Membantu membangun hubungan yang harmonis, setara, dan adil dengan berbagai individu.

Ketika hubungan kita dengan orang lain masuk kategori sehat, maka kemungkinan besar pun dalam hubungan tersebut terjalin unsur kesetaraan. Artinya, terciptanya rasa kesalingan yang pastinya tanpa ada yang mendominasi maupun unsur kekerasan lainnya.

Dengan begitu, nuansa harmonis maupun rasa kenyamanan pun bisa tercipta. Sebab, disitu pun kita mampu untuk saling menghargai keberagaman, menerima, maupun saling tolong menolong dalam hal apapun, selama kita bisa dan mampu.

Aspek-aspek dalam Menjalin Relasi Sehat

  • Saling menghargai.

Sikap saling menghargai sangat diperlukan, apalagi ketika kita hidup di tengah-tengah keberagaman, baik secara latar belakang sosial, maupun dalam pemikiran dan pendapat.

  • Kepercayaaan.

Rasa saling percaya satu sama lain juga sangat dibutuhkan ketika membangun relasi sehat dengan orang lain. Baik dengan anggota keluarga, teman, hingga dengan pasangan sekalipun.

  • Komunikasi yang baik dan positif.

Membangun komunikasi yang baik dengan sesama manusia kadang juga bukanlah hal mudah, tapi bisa dicoba dan diusahakan. Apalagi jika berhadapan dengan karaketer yang berbeda-beda dan unik.

Maka, memulai komunikasi yang baik serta positif, terutama mengatakan jujur apa adanya tanpa mengganggu kenyamanan dan privasi orang lain sangatlah diperlukan.