Remaja IndonesiaTanpa Nikah Muda

#UNALAcare

Oleh Alvi

Selasa, 3 September 2019


Udah mendekati penghujung tahun nih, Sobat UNALA udah punya rencana apa buat taon depan? Kalau pilihannya adalah nomor 7 alias menikah di usia muda, simak dulu informasi dari UNALA yaaa…

Menurut Undang-Undang No. 1 tahun 1974 tentang Perkawinan (UU Perkawinan) Pasal 7 ayat 1, batas usia nikah adalah 19 tahun untuk laki-laki dan 16 tahun untuk perempuan. Namun, dalam Undang-Undang No. 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak (UU Perlindungan Anak) menyebutkan bahwa siapa pun yang berusia di bawah 18 tahun masuk dalam kategori anak-anak. Yang artinya, jika ada perempuan yang berumur di bawah 18 tahun menikah, maka terjadilah pernikahan anak. Meski denger-denger kalau hari ini (03/09) Panitia Kerja (Panja) DPR RI terkait Revisi UU Perkawinan resmi menyepakati untuk memperbaiki secara terbatas pasal 7 ayat 1 terkait batas usia minimal pernikahan dengan pendewasaan usia perkawinan (PUP) menjadi 19 tahun bagi laki-laki dan perempuan.

Trus, misalnya kalau Sobat UNALA perempuan dan berusia sudah 19 tahun berarti udah boleh menikah dong?? Meski secara hukum memang dibolehkan, tapi tahukah Sobat UNALA bahwa Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) merekomendasikan usia ideal perempuan secara reproduktif untuk menikah dan melahirkan adalah pada usia minimal 21 tahun. 

Kalau Sobat UNALA masih memerlukan informasi lebih lengkap mengenai hal ini, yuk hubungi CS UNALA di nomor 0811-2555-390 atau konsultasi langsung ke dokter atau mitra UNALA. Gratis lho kalau bawa voucher!