Menstruasi Tidak Teratur

#UNALAfact

Oleh Maulidya Risne Andini

Rabu, 24 Juli 2019

Kalau kemarin kita udah tahu tentang siklus menstruasi. Eh ternyata siklus menstruasi kita memang gak teratur. Apakah ini artinya gak subur?

Mitos!

Siklus menstruasimu yang tidak teratur bukan berarti bahwa kamu gak subur apalagi mandul, lho!

Menurut Bidan Tri Wahyuni, salah satunya mitra UNALA wilayah Bantul, remaja memang sering mengalami menstruasi yang tidak teratur. Hal ini memang sering dialami remaja karena masih masa penyesuaian. Saat masa pubertas, hormon estrogen dan progesteron kadarnya berubah-ubah sehingga siklus menjadi tidak teratur dan sulit ditebak.

Siklus menstruasi akan berangsur membaik seiring bertambahnya usia selama kita dalam keadaan yang sehat.

Selain karena puber, siklus haid yang tidak lancar juga mungkin dipengaruhi oleh banyak penyebab. Mulai dari kondisi sepele hingga serius. misalnya berat badan yang berlebih maupun yang terlalu rendah.

Bisa juga terjadi kalau kita sedang stres karena belum bisa move on  dari mantan ataupun mau menghadapi ujian. Stres yang berlebih ini nantinya akan memicu otak memproduksi hormon kortisol yang berperan dalam mempengaruhi bagian otak yang mengatur siklus menstruasi kita.

Perubahan ini dipicu oleh berbagai faktor dari mulai kondisi kejiwaan, ketikdaseimbangan hormon, hingga berat badan yang terlalu rendah.

Maka, Anda tak bisa menyepelekan kondisi ini terlebih jika berlangsung dalam kurun waktu yang lama dan tidak ada perubahan.

Selain itu juga, haid yang tidak teratur juga dapat dipengaruhi tingkat kalium yang rendah di dalam tubuh kita. Akibatnya, tidak hanya siklus menstruasi yang terganggu, tetapi juga dapat menimbulkan gangguan saat menstruasi seperti disminore atau kram perut

Walaupun demikian, siklus menstruasi yang tidak teratur tidak bisa diremehkan. Kita perlu mengonsultasikannya agar mengetahui penyebab dan solusinya agar tidak terjadi terus menerus. Karena sehat dimulai dari sekarang!

Kamu bisa berkonsultasi masalah ini dengan 28 bidan dan dokter mitra UNALA yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di D.I. Yogyakarta.

Tenang, konsultasi ramah remaja yang disediakan UNALA ini gratis, lho!

Sementara itu, tingkat kalium yang rendah dalam tubuh dapat mengakibatkan siklus haid tidak teratur, timbulnya gangguan menstruasi yang sangat menyakitkan, baik menjelang siklus maupun selama siklus menstruasi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi sejumlah makanan yang tinggi kalium, seperti ubi jalar,pisang, salmon, kismis, kacang, dan yoghurt. Proses makanan yang dikukus atau dipanggang juga bisa menambah asupan kalium dalam tubuh.

sumber: http://promkes.kemkes.go.id/pentingnya-menjaga-kesehatan-reproduksi-saat-mentruasi

https://hellosehat.com/penyakit/haid-tidak-teratur/