Tips Menjaga Kesehatan Badan

 

Halo, sobat UNALA!

Untuk menjaga kesehatan tubuh, hal penting yang harus kita perhatikan yaitu bagaimana menjaga kebersihan diri. Jangan sampai orang lain merasa terganggu dengan kehadiran kita. Nah, menjaga kebersihan badan juga bisa bikin kita percaya diri dan tentu saja sehat dan fit seharian.

Oleh karena itu, dr. Yos Benito Arman, dokter mitra UNALA yang berpraktik di Klinik Family Health Center bakal kasih 4 Tips Menjaga Kesehatan Badan. Penasaran? Yuk, kita simak!

1.Mandi dengan bersih Minimal 2 Kali Sehari

Sebagai remaja yang tinggal di iklim tropis, mandi minimal dua kali sehari ini gak bisa diabaikan, lho! Mandi di pagi hari dapat membuatmu segar dan bersemangat menjalani rutinitas harian. Jangan lupa mandi di sore hari untuk membersihkan badan dari debu dan kotoran setelah beraktivitas.

2. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir

Cuci tangan pakai sabun (CTPS) ini ramai dikampanyekan oleh oleh pemerintah. Bukan tanpa alasan, perilaku sederhana ini dapat mengurangi angka kejadian diare hingga 45% serta penyakit lainnya seperti flu burung, cacingan yang bahkan bisa berkurang hingga 50% menurut data dari World Health Organization (WHO).

So, biasakan mencuci tangan sebelum dan sesuah makan ataupun setelah beraktivitas agar badan tetap sehat.

3. Menggunakan pakaian yang menyerap keringat

Gunakan juga pakaian yang mampu menyerap keringat, terutama pakaian dalammu, misalnya yang terbuat dai bahan katun. Hal ini juga dapat membuatmu nyaman beraktivitas.

4. Jangan malas mengganti pakaian

Jangan gara-gara satu pakaian itu bikin kamu nyaman banget lantas kamu malas menggantinya. kita juga harus rajin mengganti pakaian, jangan sampai menggunakan pakaian yang sudah kotor dna penuh keringat, apalagi pakaian dalam, gak mau kan kamu malah terinfeksi kuman, bakterim ataupun jamur.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kebersihan badan agar kamu selalu sehap. Semoga bermanfaat.

Oh iya! Kamu juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter bidan mitra UNALA mengenai hal ini, lho! Berguna banget  kan buat remaja seperti kamu yang pengen sehat dan bersih.


Referensi :

Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Perilaku Sederhana yang Berdampak Luar Biasa SANITASI PENTING KARENA