Tips Mengatasi Kekerasan dalam Pacaran (KDP)

Halo, sobat UNALA!

Daripada batin makin tersiksa dengan sikap doi yang bikin sakit hati, yuk simak ‘Tips Mengatasi Kekerasan dalam Pacaran (KDP)’ yang bakal berguna buat kamu dan sobat UNALA lainnya

1. Yuk, Kenali Tanda-Tanda KDP!

  • Pacarmu mulai posesif banget tanpa alasan yang jelas
  • Dikit-dikit marah alias orangnya temperamental
  • Sering moody, waktu sore manis banget eh malamnya kok marah-marah gak jelas gitu
  • Dia suka banget nyuruh kamu ini itu, mulai dari melarang kamu kumpul teman-teman, minjam duit tapi gak pernah dibalikin, bahkan memaksa buat meraba-raba tubuhmu. Pokoknya yang penting apa yang dia pengen terpenuhi. Huft!

2. Jangan Sungkan untuk Cerita ke Orang yang Kamu Percaya

Coba deh ceritakan masalahmu tentang doi dengan sahabat, orang tua, saudara, ataupun orang terdekat lainnya yang dapat kamu percaya. Bisa aja kan mereka bakal kasih kamu jalan keluar atau paling gak kamu punya tempat untuk berbagi keluh-kesah. Habis cerita rasanya pasti plong banget asal ceritanya gak dilebih-lebihkan, ya!

3. Bicarakan Baik-Baik dengan Doi

Pepatah pernah bilang bahwa kunci hubungan yang sehat ialah komunikasi yang baik. Nah, kamu bisa memberikan masukan terhadap perilaku doi yang nyebelin plus merugikan tersebut. Bahkan kalau perlu, kalian dapat datang ke psikolog.

Jika ia tidak menunjukan niat baik untuk berubah, jangan ragu untuk putus sebelum menjadi korban KDP.

4. Segera Cari Perlindungan

Jika kamu butuh bantuan atau mejadi korban KDP, jangan ragu untuk menghubungi hotline pengaduan Komnas Perempuan di +62-21-3903963; nomor darurat polisi di 110; SIKAP (Solidaritas Aksi Korban Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan) di (021) 319-069-33.

Selain nomor pengaduan di atas, kamu juga dapat mengunjungi klinik mitra UNALA yang tersebar di seluruh kota dan kabupaten di Provinsi D.I. Yogyakarta. Dokter dan bidan UNALA yang ramah remaja akan siap sedia membantu sobat UNALA.