Yuk, Lakukan Ini Untuk Mencegah Bau Mulut

Halo, sobat UNALA!

Jangan sampai bau mulut mengganggu aktivitasmu sehari-hari, bahkan merusak momen spesialmu. Nah, kali ini UNALA akan memberi kalian tips untuk mencegah bau mulut yang dirangkum dari berbagai sumber.

Yuk, kita simak!

1. Menggosok Gigi Minimal 2 Kali Sehari

Pada dasarnya, menjaga kebersihan mulut dan gigi menjadi penyumbang terbesar dalam pencegahan bau mulut yang kita alami. Untuk itu penting untuk kita minimal menggosok gigi setidaknya dua kalia sehari, yakni di pagi hari setelah bangun tidur, serta di malam hari sebelum tidur.

So, jangan malas gosok gig lagi, ya, sobat UNALA!

2. Jangan Lupa Membersihkan Lidah

Menurut American Dental Association, bau mulut dapat menurun hingga 70% jika lidah kita bersih, lho! Jadi jangan sampai kelewatan bagian ini, ya!

3. Mengganti Sikat Gigi Setidaknya Setiap 2-3 Bulan Sekali

Menurut Melanie S. Djamil, seorang professor dan doktek gigi, sikat gigi memang sebaiknya rutin diganti karena jika bulu sikat sudah rusak, maka itu dapat melukai gusi.

Sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut untuk menghindari napas tak sedap, lho!

4. Cek Kesehatan Gigi Paling Tidak 6 Bulan Sekali ke Dokter Gigi

Walaupunkamu nggak merasa sakit gigi, namun memeriksakan gigi setiap enam bulan sekali itu sangat penting, lho, sobat UNALA!

Pasalnya, dokter gigi akan melakukan pencegahan kerusakan gigi yang dapat menyebabkan bau mulut

5. Cukupi Kebutuhan Air Putih Setiap Harinya

Ketika kita kekurangan air, kita menjadi dehidrasi. Kondisi ini dapat mengakibatkan kita terkena xerostomia, kondisi di mana tubuh kurang memproduksi cukup air liur yang berguna untuk membunuh bakterika penyebab bau mulut.

6. Berhenti Merokok dan Minuman Beralkohol

Merokok dan minum minuman beralkohol juga menjadi salah satu pemicu xerostomia sehingga sangat mungkin kamu menderita bau mulut jika melakukan kebiasaan ini

Nah, itulah tips tipis-tipis dari UNALA untuk mencegah bau mulut yang bisa membuat remaja seperti kita minder.

Jika kamu punya pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk menghubungi kontak UNALA yang tersedia, ya! Kami akan dengan senang hati membantu kalian.

Selamat liburan lebaran, sobat UNALA!


Referensi :

Allert Benedicto Ieuan Noya. (2018, April 23). Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut. Diambil kembali dari ALODOKTER

M, N. M. (2019, Mei 23). Membersihkan Lidah Itu Penting, Tapi Tak Boleh Pakai Sikat Gigi. Diambil kembali dari Hello Sehat

Pratiwi, R. (2019, Mei 23). Sesering Apa Kita Harus Mengganti Sikat Gigi? Diambil kembali dari Hello sehat

Samiadi, L. A. (2017, April 28). Apa Itu Bau Mulut (Halitosis)? Diambil kembali dari Hello Sehat