Mengapa Mulutku Bau?

Halo, sobat UNALA!

Halitosis atau yang kita kenal sebagai bau mulut dapat mengurangi kepercayaan diri kita sebagai remaja. Bahkan bisa bikin kita enggan buat ngomong karena takutnya malah dijauhin.

Nah, untuk itu mari kita kenali penyebab-penyebab bau mulut.

1. Jarang Menggosok Gigi

Dari kecil kita udah dibiasain sama orang tua untuk selalu menyikat gigi sebelum tidur. Paling gak, kita menyikat gigi dua kali sehari, yang pertama saat bangun tidur untuk mengusir napas nggak sedap di pagi hari, dan yang kedua sebelum tidur untuk mencegah sisa makanan yang masih menempel di gigi dan gusi.

Jika kamu masih malas menyikat gigi dua kalia sehari, gigimu akan berlubang dan memiliki karang gigi sehingga menimbulkan bau mulut.

2. Menjalani Kebiasaan Tidak Sehat

Kebiasaan tidak sehat yang dapat menyebabkan bau mulut di antaranya mengorok, merokok, maupun minum minuman beralkohol. Hal tersebut karena kebiasaan itu dapat memicu xerostomia, yaitu kondisi mulut kering karena produksi air liur terganggu. Hal inilah yang menyebabkan bau mulut

3. Mengonsumsi yang Manis-Manis dan Berbau Tajam

Makan dan minum yang manis-manis emang nikmat banget. Tetapi hal ini juga menjadi santapan untuk bakteri di dalam mulut. Gas yang dihasilkan bakteri ini dapat menyebabkan bau mulut, lho!

Selain itu, mengonsumsi makanan dan minuman yang bau tajam juga dapat menyebabkan bau mulut, misalnya bawang putih, kopi, ikan, terlur, bawang Bombay karena deretan ini melepas sulfur.

4. Kondisi Medis Tertentu

Banyak sekali kondisi media yang dapat menyebabkan bau mulut, seperti kanker, gangguan pencernaan, dan lain-lain. Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksakan kesehatan ke dokter.


Referensi :

Allert Benedicto Ieuan Noya. (2018, April 23). Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut. Diambil kembali dari ALODOKTER

S, E. L. (2018, Desember 4). 8 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya. Diambil kembali dari CNN Indonesia

Saputra, H. A. (2016, Agustus 21). Ups, Ini Penyebab Bau Mulut pada Remaja. Diambil kembali dari OKE Lifestyle