Komposisi Makanan Sehat Selama Puasa

Halo sobat UNALA!

Tahukah kamu bahwa saat berpuasa maupun tidak, tubuh membutuhkan kalori yang sama jumlahnya, yaitu 2.100 kkal per hari. Untuk memenuhi kebutuhan kalori tersebut, kita membutuhkan beberapa asupan makanan dengan porsi yang berbeda-beda. Karbohidrat menjadi prioritas untuk dikonsumsi setiap harinya, yaitu sekitar 3-8 porsi. Sementara itu, sayuran setidaknya harus dikonsumsi 3-5 porsi dan buah 2-3 porsi. Nutrisi tersebut harus dilengkapi dengan protein hewani dan nabati sekitar 2-3 porsi.

Porsi makanan tersebut dapat dibagi secara proporsional sesuai dengan jadwal makan kita. Saat berpuasa misalnya, kita dapat membaginya dalam 4 rentang waktu, yaitu saat sahur, saat berbuka puasa dan setelah salat Tarawih hingga sebelum tidur.

Saat sahur pastikan hidangan memenuhi komposisi 4 sehat lima sempurna agar kebutuhan kalorimu selama berpuasa tercukupi. Sebelum imsak kamu dapat menambahnya dengan hidangan penutup seperti kue, buah, agar-agar, atau puding.

Saat berbuka, pilihlah menu yang manis dengan porsi yang cukup. Kurma dapat dipilih sebagai pembuka. Makanan 4 sehat 5 sempurna dapat dikonsumsi setelah salat Tarawih sebagai makan malam. Sebelum tidur, kita dapat minum susu atau makan buah untuk mencukupi kebutuhan kalori hari itu.

Selain mengatur komposisi makanan, selama berpuasa kita juga penting loh sobat untuk mengatur jadwal minum air putih kita agar 8 gelas sehari dapat tercukupi. 8 gelas tersebut dapat kita bagi menjadi 1 gelas setelah bangun sahur, 1 gelas setelah makan sahur, 1 gelas setelah adzan magrib, 1 gelas setelah solat magrib, 1 gelas saat makan berat, 1 gelas sebelum solat Isya, 1 gelas setelah solat Tarawih dan 1 gelas sebelum tidur.

Nah, kamu gimana sobat UNALA, apakah komposisi makanan dan kebutuhan minummu selama berpuasa sudah tercukupi?

Jika kamu membutuhkan informasi panduan gizi lainnya, kamu bisa konsultasikan kepada dokter dan bidan mitra UNALA ya sobat. Konsultasinya gratis dengan mengugunakan voucher yang dapat kamu donwload di website UNALA! Asik, bukan?


Referensi :

Kiat Mencukupi Kebutuhan Kalori Harian Saat Berpuasa