Kegiatan Positif Saat Ngabuburit

Halo, sobat UNALA!

Selain sahur, berbuka, ataupun tarawih, istilah ngabuburit juga populer saat Ramadan. Sebenarnya, ngabuburit itu apa sih?

Ngabuburit sendiri merupakan kata dari Bahasa Sunda, burit yang artinya sore. Burit adalah leksikon  yang menunjukan waktu menjelang tenggelamnya matahari atau saat mulai gelap, dimulai sekitar pukul 16.00.

Sampai sekarang, kita mengenal ngabuburit sebagai kegiatan menunggu adzan magrib berkumandang. Nah, kegiatan ini dapat kamu isi dengan berbagai hal positif. Apa aja itu? Yuk, kita simak!

1. Olahraga Ringan

Berpuasa bukan berarti kita tidak melakukan aktivitas fisik apapun. Kalian bisa melakukan olah raga ringan seperti jalan santai, jalan cepat, bersepeda, ataupun yoga. Cukup sisihkan waktu 30-60 menit sebelum waktu berbuka. Kalian dapat melakukannya di rumah, taman, atapun kompleks rumah.

2. Memasak Makanan Sehat

Siapa nih di sini yang suka beli di luar?

Daripada bosan, kamu dapat mencoba memasaknya sendiri. Selain lebih murah, memasak sendiri juga lebih higienis. Nggak selalu ribet, kamu bisa mencoba resep makanan sehat seperti jus kurma hangat ataupu smoothies buah-buahan. Coba, deh! Pasti seger banget!

3. Membaca

Nggak hanya otot yang harus dilatih, otak pun juga harus terus diasah walaupun sedang berpuasa, salah satunya dengan membaca.

Berdasarkan penenlitian yang dipublikasikan di Proceedings of The National Academy of Sciences, membaca buku dapat menurunkan risiko Alzheimer pada orang yang sudah lansia.

Makanya rajin membaca sejak remaja akan bagus banget buat masa depan kalian, lho!

4. Bercengkerama

Sambal nunggu bedug, kamu bisa bercengkerama dengan orang terdekat kalian, seperti orang tua, saudara, ataupun sanak saudara agar silaturrahim terus terjalin.

Buat anak kost ataupun yang sedang merantau, kalian dapat ngobrol dengan teman dan sahabat, lho!

Eits, bercengkerama bukan berarti bergosip, lho ya hehehe

Itulah beberapa rekomendasi kegitan ngabuburit yang bisa dilakukan remaja seperti kalian. Sebenarnya masih banyak lagi kegiatan positif lainnya, tinggal kalian sesuaikan aja mana yang paling cocok dengan kepribadian kalian masing-masing.

Punya keluhan kesehatan yang mengganggu aktivitas ngabuburit kalian? Yuk, konsultasikan aja dengan dokter dan bidan UNALA yang ramah remaja. Gratis, lho!


Referensi :

Pilihan olahraga sebelum buka puasa

Tak Perlu Puasa Olahraga di Bulan Ramadhan

Sebaiknya Olahraga menjelang berbuka atau setelah berbuka puasa

Ngabuburit sehat sambil olahraga yuk

Coba 6 ide ngabuburit yang sehat dan seru untuk akhir pekan

Kapan waktu olahraga terbaik saat puasa usai sahur atau jelang berbuka