Yuk, Ketahui Mitos dan Fakta Seputar Puasa!

Halo, sobat UNALA!

Bagaimana tadi puasa kalian? Semoga berjalan lancar, ya!

Saat puasa, pernah nggak sih kalian ngobrol sama temen seputar masalah berpuasa ini? Misalnya nih

Kalo bisa aku puasa aja terus biar cepet kurus.”

“Tadi aku beli banyak banget loh buat sahur biar puasanya pol!”

“Hari ini aku tiduran aja, deh! Mau olahraga katanya bahaya.”

Dan tentunya masih banyak lagi mitos dan fakta yang beredar seputar puasa. Iya, ‘kan sobat UNALA?

Daripada salah kaprah, yuk kita bahas mitos dan fakta saat berpuasa bersama ahlinya. Dilansir dari detik.com, Riham Shamseddin yang merupakan Ahli Gizi Klinis dan Konsultan Nutrisi di Right Bite, Uni Emirat Arab, bakal kasih penjelasan lengkapnya, nih! Yuk, kita simak bersama!

1. Puasa Bisa Nurunin Berat Badan

Menurut Kak Riham, tujuan puasa Ramadan itu bukan buat nurunin berat badan ataupun membantu nurunin berat badan. Penjelasannya sederhananya gini: sarapan umumnya memulai metabolisme dengan membantu membakar lemak lebih cepat, sedangkan puasa mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dan memberi tahu tubuh bahwa kalori yang diserap kurang dari yang dibutuhkan.

Jadi puasa juga bisa bikin kamu nambah berat badan apabila diet kamu banyak gula, lemak dan asupan kalorinya melebihi kebutuhan kalori harian.

2. Makan Banyak Pas Sahur Biar Puasanya Lancar

Sahur seharusnya tidak perlu makan makanan yang berat. Biar kamu makan banyak tapi isinya kalori dan lemak, tetap tidak bisa mengimbangi energi yang hilang selama waktu puasa Ramadan, lho!

Salah satu hal yang terpenting selama sahur adalah tidak mengonsumsi makanan yang digoreng dan makanan yang mengandung kadar garam tinggi untuk mencegah kehausan yang berlebihan ketika menjalani puasa.

3. Puasa Itu Olahraganya Distop Dulu

Olahara pas Ramadan itu sebeneranya sah-sah aja kalau kamu udah terbiasa olahraga waktu perut kosong. Satu-satunya masalah dengan berolahraga saat berpuasa adalah tubuh tidak menerima energi dari makanan. Hal yang mungkin terjadi ketika berolahraga saat berpuasa adalah penipisan otot sehingga membuat energi yang sudah disimpan di kantong otot berperan sebagai glikogen.

Kamu dapat mengatasinya dengan berolahraga ketika menjelang berbuka. Contohnya jalan-jalan sore sambal ngabuburit.

Itulah penjelasan tentang larangan-larangan saat berpuasa. Pastikan kamu berbuka dan sahur dengan makanan dan minuman yang tinggi nutrisi, ya! Kamu juga dapat mendapatkan informasi kesehatan terkait puasa bersama dokter dan bidan mitra UNALA yang ramah remaja. Jangan khawatir, kamu dapat mengaksesnya gratis menggunakan voucher dari UNALA. Vouchernya juga gratis, lho!


Referensi :

Mayasari, A. (2017, Mei 27). Ini Mitos dan Fakta Kesehatan Seputar Puasa Ramadan. Diambil kembali dari wolipop