Tips Berpuasa Buat Remaja Aktif Seperti Kalian

Halo, sobat UNALA!

Masih inget kan apa aja manfaat puasa buat remaja? Nah, manfaat itu bisa kamu rasain selama tubuhmu dalam kondisi fit. Emang sih buat remaja kayak kita yang punya segudang aktivitas di bulan puasa, pasti susah banget buat jaga biar tetap seger.

Eits, jangan khawatir, Pakar Diet Klinis, Anita Das Gupta bakal kasih kalian tips untuk tetap memenuhi nutrisi harian selama puasa.

Penasaran, kan? Yuk, langsung aja kita simak!

1. Jangan Lewatkan Sahur, ya!

Saat sahur, disarankan buat makan makanan yang tingi protein, tinggi serat dan vitamin supaya bisa kenyang lemih lama. Kalian bisa dapetin vitamin dan kalsium dari poduk olahan susu, lho. Misalnya aja smoothies, milkshake, ataupun yogurt.

Makanan itu bisa menghidrasi tubuhmu agar tetap berenergi seharian, lho!

2. Berbuka dengan yang Sehat

Kak Anita nyaranin berbuka dengan kurma, satu gelas susu rendah lemak, juga sup ringan yang non krim, ya! Ini sama seperti mengganti energimu setelah seharian berpuasa.

Terus bisa dilanjutin dengan shalat maghrib biar perutmu istirahat dulu, teruama biar otakmu nangkep sinyal kenyang dari perut.

Nah baru deh makan makanan beratnya. Untuk makanan utama, remaja bisa makan seporsi karbohidrat (nasi atau makaroni), protein (ikan atau ayam), sayuran (kacang-kacangan, kol, wortel, brokoli, bunga kol dan lainnya), dan satu mangkok salad.

3. Nyemil Sehat Setelah Tarawih

Habis tarawih, kamu bisa makan makanan ringan kayak buah-buahan, yogurt, smoothies, dan lain-lain. Malahan sebagian buah bagus banget lho buat sahur dan berbuka.

Jenis makanan ini nggak hanya menghidrasi tubuh dengan cepat tapi juga memberikan kamu energi instan dari gula alami yang mudah diserap tubuh saat berbuka. Remaja emang disaranin banyak mengonsumsi sumber cairan, seperti air putih, jus, air kelapa dan lainnya.

Itulah beberapa tips biar puasa kamu nggak lemes. Pastikan cairan tubuhmu terpenuhi untuk mencegaj konstipasi selama Ramadan. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter terkait tips yang cocok sama kamu supaya tetap berenergi.

Kamu bisa konsultasi gratis dengan dokter mitra UNALA yang pastinya mempunyai waktu konsultasi yang lebih lama dan juga ramah remaja, lho!

Konsultasinya bahkan gratis menggunakan voucher dari UNALA. Tenang aja! Vouchernya bisa kamu dapatkan gratis melalui website, customer line, kafe dan klinik mitra UNALA, ataupun melalui relawan UNALA.

Yuk, datang ke klinik mitra UNALA!


Referensi

Puspaningtyas, L. (2017, Mei 27). Tips Puasa ntuk Remaja. Diambil kembali dari Republika: https://republika.co.id/berita/ramadhan/tips-puasa/oqlhxp384/tips-puasa-untuk-remaja