Jangan Takut Puasa! Ini Lho Manfaatnya Buat Remaja

Halo, sobat UNALA!

Enggak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadan, nih! Di bulan ini, umat Muslim menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh. Namun, puasa juga dapat dilakukan di hari-hari biasa, contohnya berpuasa sebelum cek darah saat di rumah sakit.

Bagi remaja yang punya segudang aktivitas, jangan takut untuk berpuasa, ya! Udah banyak penelitian ilmiah yang mengungkapkan manfaat berpuasa, terutama bagi para remaja. Apa aja sih itu? Check it out!

1. Bikin Kamu Tambah Bahagia

Jangan melulu berpikir bahwa puasa itu bikin capek dan lemas dalam beraktivitas, ya!

Studi yang dilakukan di Moskow melaporkan bahwa puasa dapat memperbaiki kondisi mental seseorang setelah beberapa hari berpuasa, tubuh akan memproduksi lebih banyak endorfin, yaitu hormon yang berperan dalam mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, serta bahagia.

Wah, jadi tambah bahagia, deh!

2. Kamu Jadi Gak Gampang Sakit

Puasa bakal ningkatain kekebalan tubuhmu, lho!

Studi dari Universitas South Carolina juga melaporkan bahwa berpuasa memicu sel-sel induk untuk memproduksi sel-sel darah putih baru, sehingga berdampak pada meningkatnya daya tahan tubuh untuk melawan infeksi penyakit.

Kamu bakal tambah sehat, deh!

3. Otakmu Semakin Encer

Pernah nggak sih bermimpi bisa seencer temenmu yang sering ranking satu? Berpuasa akan membantumu mewujudkannya. Kok bisa?

Studi lain telah membuktikan bahwa puasa dapat memicu pertumbuhan sel saraf baru di otak. Itu sebabnya, puasa bisa membantu memperbaiki fungsi otak, termasuk melindungi otak dari risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Dengan berpuasa, kecerdasan kamu bakal meningkat dan prestasi semakin cemerlang, lho!

4. Bagus Untuk Kesehatan Reproduksi

Hal ini berkaitan dengan peremajaan sel-sel urogenitalis dan alat-alat reproduksi lainnya. Pasalnya hormon yang berkaitan dengan perilaku seksual tidak dihasilkan oleh organ indung telur (estrogen) dan testis (testosteron), melainkan juga oleh kelenjar hipofisis. Alasan lainnya adalah selama berpuasa, kadar asam, dan basa dalam tubuh menjadi lebih seimbang, sehingga berbagai organ tubuh meningkat, termasuk organ reproduksi.

Dengan berpuasa, kamu dapat meningkatkan kesehatan organ reproduksimu sejak dini, lho!

Itulah beberapa manfaat buat bagi remaja. Manfaat itu bakal kamu rasakan kalau kecukupan gizi dan nutrisimu terpenuhi saat sahur dan berbuka, ya!

Jika kamu punya keluhan selama menjalankan puasa, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya! Apalagi sekarang kamu bisa konsultasi gratis dengan dokter dan bidan yang ramah remaja seperti mitra UNALA. Di sana kalian juga akan mendapatkan informasi kesehatan lainnya yang dikemas semenarik mungkin oleh para mitra UNALA.

Kami tunggu kunjungan kalian!


Referensi

Ini Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Reproduksi. (2019, April 10). Diambil kembali dari halodoc
Jangan Khawatir Sakit, 6 Manfaat Berpuasa. (2018, Mei 14). Diambil kembali dari halodoc