Mewujudkan Millenials yang Sehat dan Setara

,

Halo, sobat UNALA!

“Kalian (laki-laki) akan lebih keren kalau bisa menurunkan egonya untuk bisa mewujudkan kesetaraan gender. Laki-laki harus jadi bagian dari agen perubahan tersebut”, ujar Kalis Mardiasih dalam menjawab pertanyaan salah satu peserta Youth Gathering #3 yang diadakan oleh UNALA.

Dalam kegiatan kali ini, UNALA mengusung tema “Mewujudkan Millenials yang Sehat dan Setara”. Kegiatan ini juga bertepatan dengan peringatan hari Kartini, sehingga para remaja juga diharapkan mampu untuk meneruskan cita-cita Kartini. Menurut Tantri Swastika moderator diskusi dari UNALA, banyak sekali quote dari Kartini yang masih relevan dengan kondisi remaja saat ini.

Acara yang dilaksanakan di Legend Cafe pada Selasa, 23 April 2019 ini dihadiri oleh remaja dari berbagai komunitas dan kampus di Yogyakarta. Mereka sangat antusias mendengarkan pembicara yang membahas isu yang sangat relevan dengan kondisi yang mereka alami saat ini, antara lain mengenai menjalin relasi sehat, kasus kekerasan seksual dan permasalahan kesehatan reproduksi yang masih banyak dibanjiri mitos-mitos yang berkembang dalam masyarakat, baik melalui media sosial maupun dari mulut ke mulut.

Sebagai pembicara, Kalis juga banyak menceritakan pengalamannya dalam menghadapi masyarakat yang masih melihat perempuan dan laki-laki dengan ketimpangan gender. Menurutnya, kesetaraan gender hanya dapat dicapai jika perempuan dan laki-laki bekerjasama dengan baik. Selain itu perlu keberanian untuk melawan adat istiadat yang telah mengakar kuat dalam masyarakat yang masih mendiskriminasikan perempuan.

Youth Gathering UNALA masih akan terus diadakan untuk mendiskusikan isu-isu terkini yang dialami oleh para remaja. So, untuk kamu remaja di Yogyakarta, jangan sampai ketinggalan ya untuk bergabung di kegiatan selanjutnya. Selain dapat ilmu, kamu juga bisa bertemu teman-teman baru di sana.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan gimana cara menjadi remaja yang sehat dan setara, kamu bisa konsultasikan ke dokter dan bidan mitra UNALA ya sobat! GRATIS dengan menggunakan voucher UNALA.