Mobile Clinic UNALA

Halo, sobat UNALA!

Siapa nih di sini yang lagi seneng main mobile legend? Wah, kalau banyak peminatnya pasti game ini seru banget, ya! Eits, mainnya harus ingat waktu supaya belajarnya gak keteteran, ya!

Selain mobile legend, ada juga lho yang gak kalah seru, yaitu mobile clinic. Udah pada tau belum?

Apa itu mobile clinic?

Mobile clinic atau klinik keliling adalah fasilitas medis darurat yang diciptakan oleh dr. Claudio Costa untuk menyelamatkan pengendara yang terluka saat balapan motor.

Pada tahun 1976, atas inisiatif dr. Costa dan dengan dana dari Gino Amisano, pendiri dan pemilik AGV, kendaraan pertama yang dirancang khusus untuk memberikan intervensi medis yang cepat kepada pengendara yang terluka masih berada di trek.

Mobile clinic ini telah menolong ribuan pengendara motor di arena balap hingga akhirnya banyak diadopsi oleh lembaga-lembaga lainnya. For your information, Badan Kesehatan Dunia atau sering kita sebut dengan WHO (World Health Organization) telah meluncurkan banyak sekali mobile clinic di Syiria, Iraq, Ukraina dan masih banyak lagi. Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam mengakses fasilitas kesehatan.

Wah, bermanfaat sekali, bukan?

UNALA juga punya, lho!

Gak kalah dengan WHO, UNALA juga punya lho mobile clinic!

Sejak 18 Februari 2019, UNALA menyediakan layanan mobile clinic pertama kali di SMA Negeri 2 Wates. Hal ini bertujuan supaya teman-teman remaja bisa dengan mudah mengakses layanan kesehatan reproduksi ramah remaja yang ditawarkan oleh UNALA.

Dengan adanya mobile clinic ini, teman-teman remaja yang belum sempat datang ke tempat praktik mitra UNALA, bisa nyobain dan punya mengalaman konsultasi yang ramah, tidak menghakimi, serta penjelasan yang mengasyikan.

Gimana caranya buat akses mobile clinic UNALA?

UNALA akan menghadirkan mobile clinic saat mengunjungi teman-teman di sekolah, kampus, komunitas remaja, ataupun event  lainnya di D.I. Yogyakarta. Contohnya seperti di Ponpes Nurul Ummahat, POSBINDU Remaja Nglipar, Walfere Festival 2019, dan masih banyak lagi.

Walaupun namanya mobile, bukan berarti klinik ini menggunakan mobil, ya! UNALA akan meminjam salah satu ruangan yang ada di tempat acara. Eits, jangan khawatir! Ruangan tersebut udah di standardisasi oleh UNALA sehingga privasi kalian akan tetap terjaga.

Klinik ini nantinya akan difasilitasi oleh satu atau lebih doktek dan bidan mitra kami. Kalian cukup menunggu antrean sembari ngobrol-ngobrol bareng tim UNALA yang ada di sana.

Ada apa aja sih di sana?

Sama halnya dengan klinik biasa, kalian juga akan mendapatkan layanan di bawah ini, lho!

  1. Konseling kesehatan remaja umum;
  2. Konseling kesehatan seksual dan reproduksi yang berkualitas;
  3. Pemeriksaan fisik; dan
  4. Layanan rujukan ke laboratorium & dokter spesialis jejaring UNALA.

Gak usah khawatir dengan layanan yang diterima, karena UNALA akan memberikat kualitas layanan yang tidak kalah prima dibanding klinik UNALA lainnya.

Itulah sekilas tentang mobile clinic UNALA. Untuk informasi lebih lanjut, yuk hubungi