Ternyata Curhat Itu Bermanfaat, Lho!

Halo, sobat UNALA!

Tahukah kalian bahwa cara terbaik untuk menghilangkan sakit hati adalah dengan menangis atau curhat dengan teman. Sebab menangis dan curhat dapat menghilangkan sebagian besar rasa sakit hati yang disimpan oleh orang tersebut. Hal ini disampaikan oleh Pakar Psikologi Anak dan Remaja Rosliana Verauli, M.Psi

“Menangis aja sepuasnya. Sampai plong, sampai lega. Atau bisa juga dengan curhat sama teman. Hal terpenting adalah seluruh perasaan dan emosinya keluar,” papar psikolog yang akrab disapa Vera.

Wah, siapa nih di antara sobat UNALA yang pernah sakit hati, atau mungkin ada yang sedang mengalaminya?

Gak papa, kok! Sakit hati merupakan proses yang harus dilakui oleh setiap orang, terutama remaja. Hal ini penting lho untuk membentuk karakter kita menjadi lebih baik serta memahami bagaimana berhubungan sosial dengan orang lain.

Nah, poin penting di sini ialah agar kita tidak memendamnya sendirian, apalagi jika hubungan percintaanmu mengarah pada hubungan yang tidak sehat, contohnya pacarmu memaksa untuk berhubungan seksual, dan lain sebagainya.

Menurut Survei Demografi dan Kesehatan terutama Komponen Kesehatan Remaja (KKR) yang mewawancarai remaja usia 15-25 tahun yang belum menikah.

Hasilnya didapatkan bahwa usia 15-17 tahun adalah proporsi terbesar remaja pertama kali berpacaran. Padahal usia tersebut remaja belum mempunyai soft skill yang memadai dalam menyelesaikan masalah. Makanya penting bagi kita untuk bisa curhat permasalahan dengan orang lain.

Tapi pastikan kalian curhat dengan teman yang tepat. Salah-salah kalian bisa dapat solusi yang keliru, lho.

Supaya dapat solusi yang tepat, terutaman masalah kesehatan reproduksi, kalian bisa berkonsultasi gratis dengan dokter dan bidan mitra UNALA. Yuk, rasakan pengalaman konsultasi yang ramah remaja, tidak menghakimi, dan tentunya kerahasiaan terjamin.


Referensi :

Menangis dan Curhat Bisa Hindarkan Perilaku Agresif Remaja Putus Cinta