Mengapa Kita Perlu Belajar Kespro?

Halo, sobat UNALA!

Pernah nggak sih kalian belajar tentang kesehatan reproduksi?

Hmmm… mungkin kalian sudah belajar tentang organ-organ reproduksi serta fungsinya saat di kelas biologi, bukan?

Namun nyatanya belajar tentang kesehatan reproduksi mencakup banyak hal, lho! Ada tentang organ reproduksi, fungsi, perubahan saat pubertas, cara menjaga dan merawat, seksualitas, dan masih banyak lagi.

Materi-materi tersebut dipelajari bukan untuk menambah pusing kalian dengan menghapal setiap bagiannya, namun akan berguna untuk kalian sendiri ke depannya karena di dalam raga yang sehat, ada jiwa yang kuat.

Walaupun masih banyak orang yang menganggap bahwa ngomongin reproduksi atau seksualitas itu adalah sesuatu yang tabu, namun sebenarnya remaja juga butuh lho pengetahuan tersebut agar kita mampu menghindari perilaku seksual yang menyimpang.

Ketabuan itu sendiri bisa terjadi akibat kurangnya edukasi tentang kesehatan reproduksi atau biar gampang kita sebut aja dengan kespro ya, sobat UNALA!

Reproduksi bukan sebatas masalah berhubungan intim layaknya suami-istri. Pada dasarnya, reproduksi adalah proses kita untuk kembali menghasilkan ketururan. Supaya gampang ingatnya, kalian cukup ingat kata re yang berarti kembali, sedangkan produksi bermakna menghasilkan. Mudah, bukan?

Seperti yang disinggung sebelumnya, mempelajari tentang kespro juga supaya kita tahu tentang bahayanya melalukan hubungan yang berisiko seperti berganti-ganti pasangan. Hal-hal seperti inilah yang berisiko membuat remaja tertular penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS atau bagi remaja putri mengalami kehamilan tidak diinginkan, aborsi, dan hal yang tidak diinginkan lainnya.

Jangankan hal besar seperti itu, kadang kita sering termakan mitos-mitos tentang haid seperti ini.

“Jangan minum es nanti darahnya beku.”

“Janganmakan timun nanti rahimnya nempel.”

“Jangan keramas soalnya pori-pori kita lagi kebuka.”

Tentunya masih banyak lagi dong mitos-mitos yang sering kita dengar. Wah, kalau sampai kita kemakan mitos nggak berdasar, bukannya malah sehat, yang ada malah jadi sakit-sakitan.

Nah, di dalam kespro kita juga diajarkan tentang gimana kita menyikapi hal tersebut.

Remaja juga akan dikenalkan dengan hak-hak reproduksi yang ia miliki sehingga dapat mencegah kekerasan seksual dan cara meghindarinya Selain itu, diperlukan juga pengetahuan tentang kekerasana seksual yang mungkin terjadi, apa saja jenisnya, dan bagaimana cara mencegahnya terjadi.

Memiliki pengetahuan yang tepat terhadap proses reproduksi, serta cara menjaga kesehatannya, diharapkan mampu membuat kita lebih bertanggung jawab. Terutama mengenai proses reproduksi, dan dapat berpikir ulang sebelum melakukan hal yang dapat merugikan.

Mau tau seputar mitos dan fakta lainnya? Yuk, kunjungi saja dokter dan bidan mitra UNALA yang ramah remaja, tidak menghakimi apapun keluhan kalian, dan pastinya rahasia terjamin.


Referensi :

Pentingnya Pengetahuan Kesehatan Reproduksi bagi Remaja