Sering Insomnia? UNALA Punya Tipsnya!

Halo, sobat UNALA!

Di antara kalian, siapa di sini yang pernah mengalami hal-hal di bawah ini:

  1. Susah tidur
  2. Sering tiba-tiba terbangun tengah malam, terus nggak bisa tidur lagi.
  3. Akibatnya, esok hari malah merasa lelah, nggak bisa konsentrasi, bahkan jadinya uring-uringan.
  4. Pulang ke rumah atau kost sih niatnya buat istirahat dan tidur siang, tapi kok malah nggak bisa. Hasilnya? Uring-uringan dan main HP. Huft

Wah, pasti merepotkan banget, kan? Apalagi jika masih ada banyak hal yang harus kita kerjakan, seperti belajar, mengerjakan tugas, maupun bersosialisasi dengan teman-teman malah jadi bad mood gara-gara gejala di atas.

Semuanya pasti sudah tahu, kan? Yap, kita sering menyebutnya dengan insomnia. Tapi tenang saja! UNALA punya tipsnya, lho!

 

1. Makanlah dengan Baik

Menurut Journal of Clinical Sleep Medicine, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 mg kafein enam jam sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur. Selain itu, makan hingga kekenyangan juga dapat membuat kamu sulit tidur, tubuh akan tidak nyaman saat direbahkan. Setelah makan langsung tidur juga berpotensi menyebabkan sakit ulu hati, lho! Cobalah untuk meminum susu beberapa jam sebelum tidur, ini mungkin dapat membantumu.

 

2. Jangan Malas Berolahraga

Cobalah berolahraga teratur. Tidak hanya insomnia, bahkan beberapa keluhan lain juga dapat diminalisir dengan rutin berolahraga. Tubuh akan jagi bugar dan kualitas tidur pun meningkat. Kalian dapat mencoba dengan yang ringan-ringan saja seperti membereskan kamar, mencuci dan menjemur baju, ataupun berjalan kaki kita masih dekat.

3. Buat Kamarmu Senyaman Mungkin

 

 

Penerangan yang terlalu terang dapat memengaruhi kadar hormon tertentu yang bisa jadi menghambat proses tidur, untuk itu cobalah mematikan lampu. Jangan lupa untuk mengatur suhu kamarmu senyaman, mungkin. Usahakan tetap hangat dan jangan terlalu pengap.

 

4. Membaca Buku Mungkin Membantumu

Tips ini mengingatkan kita pada kenangan masa kecil, bukan? Saat itu, ibu kita membacakan berbagai macam dongeng. Nah, sekarang kalian juga dapat menerapkan kebiasaan itu. Bedanya, sekarang kalian harus membacanya sendiri. Cobalah membaca buku-buku pelajaran. Jika terlalu berat, kalian juga dapat membaca bacaan fiksi lainnya seperti cerpen, novel, maupun puisi.

5. Disiplin Terhadap Waktu Tidurmu

 

 

Sebagai remaja yang punya segudang kegiatan, membuat kita jadi sering tidur tidak teratur. Terkadang kita tidur siang terlalu lama sehingga menyebabkan sulit tidur pada malam hari, atau tidur terlalu larut sehingga bangun kesiangan. Hal ini dapat mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh, serta siklus tidur dan bangun.

Sobat UNALA di sini mungkin sering menjadi delegasi komunitasnya untuk dikirim ke daerah lain sehingga melakukan perjalanan jauh yang rentan terkena insomnia. Terus, bagaimana mengatasinya? Yaitu dengan mendisiplinkan waktu tidur. Segeralah tidur saat lelah dan jangan malah bermain HP. Oke, sobat UNALA!

UNALA, kok aku masih nggak bisa tidur?

Jika kamu sudah mencoba hal-hal di atas atau mungkin saran-saran lainnya, tapi hasilnya tetap saja insomnia sehingga masih terus mengganggu aktivitasmu. Ini berarti sudah saatnya kamu berkonsultasi langsung dengan ahlinya. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter mitra UNALA yang ramah remaja, serta detail dalam menjelaskan solusi atas keluhanmu. Kompeten sekali, bukan?

Konsultasinya gratis, lho!

Iya, gratis! Kamu tinggal bawa saja voucher dari UNALA saat berkunjung ke dokter. Jika belum punya, hubungi saja customer line UNALA atau datang langsung ke kantor untuk mengenal lebih dekat dengan UNALA. Kami tunggu kedatangan kalian!


Referensi :

Dizon, N. S. (2017, Mei 28). Cara Mengatasi Insomnia. Diambil kembali dari Alodokter

Shabrina, A. (2017, September 15). 4 Hal Sederhana yang Bisa Bantu Anda Lebih Cepat Tertidur. Diambil kembali dari HelloSehat.com

Susah Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia. (2017, Oktober 16). Diambil kembali dari Halodoc