Yuk Kenali TBC dan Cegah Penularannya!

 

Sobat UNALA,

Tahu kah kamu saat ini Indonesia menempati urutan ke dua sebagai negara dengan penderita TBC (tuberkulosis) terbanyak di dunia setelah India.Hal ini dapat terjadi karena penularan TBC dapat terjadi dengan sangat mudah, yaitu hanya dengan melalui percikan dahak yang mengandung kuman Mycobacterium Tubercolosis dan kemudian terhirup oleh orang lain.

 

Nah..agar sobat UNALA dapat terhindar dari penularan TBC, yuk simak bersama tips yang dapat diikuti di bawah ini!

 

1. Hindari kontak dengan penderita TBC

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penularan kuman kuman Mycobacterium Tubercolosis terjadi dengan sangat mudah. Untuk mencegah penularan tersebut upayakan sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan penderita batuk khususnya TBC. Meski demikian, jangan sampai kamu sampai mendiskriminasi para penderitanya ya sobat!

2. Gunakan Masker

Tempat umum yang tidak kita kenali orangnya satu per satu bisa jadi menjadi lahan subur penularan kuman Mycobacterium Tubercolosis maupun virus lainnya loh sobat. Untuk mewaspadai dan mencegahnya selalu sediakan masker saat berada di tempat umum terutama dalam ruangan tertutup seperti bus, pesawat, kereta api, dan mall ya sobat!

3. Ventilasi atau saluran udara yang baik

Selain dapat menyebar dengan cepat, ternyata kuman Mycobacterium Tubercolosis dapat mati jika terkena cahaya materi langsung. So…untuk mencegah dan mengurangi perkembangbiakan bakteri tersebut pastikan rumah kita memiliki ventilasi dan saluran udara yang baik!

4. Menjaga daya tahan tubuh

Tubuh yang sehat tentu memiliki sistem imun yang kuat sangat kecil resikonya untuk tertular TBC. Ada baiknya kamu selalu menjaga kebugaran tubuh dengan gaya hidup sehat, istirahat yang cukup dan makan-makanan yang bergizi.

5. Pemeriksaan

Jika sobat UNALA merasa terpapar pasien TBC dan mengalami gejala-gejala TBC seperti

Batuk berdahak lebih dari 2 minggu, sesak napas, batuk berdarah, demam yang naik turun serta nafsu makan berkurang, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mencegah penularan.

Kamu juga tidak perlu khawatir sobat, karena Tuberkulosis bisa disembuhkan total jika diobati dengan benar. Semakin cepat TBC terdeteksi pengobatan akan semakin baik. Kamu dapat segera memeriksakannya ke puskesmas dan rumah sakit di seluruh Indonesia yang pengobatannya akan sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah. Jika kamu berada di Yogyakarta, kamu juga bisa datang ke klinik dokter dan bidan UNALA untuk konsultasi seputar TBC, gratis dengan menggunakan voucher UNALA!

 


Referensi :

Waspada TBC, Kenali Gejala dan Upaya Mencegahnya