Pubertas dan Perubahan Pada Tubuh Remaja

Dear sobat UNALA,

Apakah kamu mengalami beberapa perubahan pada tubuhmu, mulai dari kulit, rambut dan

bahkan perasaan yang semakin berubah? Yups, masa-masa tersebut dinamakan masa pubertas atau disingkat puber. Setiap orang mengalami masa dan bentuk pubertas yang berbeda-beda, terutama pada laki-laki dan perempuan. Kira-kira apa aja ya yang menandakan seseorang sudah masuk masa puber? Yuk cek fakta-faktanya bersama!

1. Payudara Membesar

Perubahan fisik ini umumnya dialami oleh remaja perempuan. Perubahan ukuran payudara perempuan terjadi pada usia 10-13 tahun. Ukurannya pun berbeda-beda dan bahkan terkadang ukuran antara payudara kanan dan kiri bisa saja tidak sama. So..sobat UNALA tidak perlu khawatir ya, itu normal kok, tapi…kalau kamu membutuhkan informasi lebih lanjut, dokter dan bidan UNALA siap memberikan informasi selengkapnya untukmu loh!

2. Tinggi Badan Bertambah

Selain payudara yang membesar, remaja perempuan juga akan mengalami pertumbuhan tinggi badan yang sangat cepat . Tinggi badan perempuan bahkan dapat lebih cepat daripada laki-laki loh sobat! Jika perempuan mulai bertambah tingginya pada usia 10-15 tahun, remaja laki-laki baru mulai pada usia 11-18 tahun.

3. Menstruasi

Menstruasi sendiri merupakan tanda pubertas yang dialami oleh semua perempuan dan menandakan bahwa ia telah dewasa. Menstruasi pertama dialami oleh remaja perempuan berusia 10-16 tahun. Saat masa ini telah datang, remaja perempuan harus belajar untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaannya karena hal ini sangat penting bagi masa depan perempuan.

4. Jakun dan Suara Membesar

Pubertas pada laki-laki sendiri ditandai dengan tumbuhnya jakun dan suara yang membesar. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon yang membuat laring (organ yang membuat suara) membesar, suaramu jadi ada ngebas-ngebasnya gitu…

Untuk perempuan sendiri, perubahan suara juga terjadi, namun tidak sedrastis remaja laki-laki. Perubahan suara perempuan juga tidak diikuti oleh tumbuhnya jakun.

5. Penis Membesar dan Mimpi Basah

Selain jakun dan suara, penis remaja laki-laki pun mengalami perubahan ukuran pada masa pubertas, yaitu usia 9-14 tahun. Pada masa ini, remaja laki-laki juga mengalami mimpi basah. Hal ini tentu sangat wajar ya sobat dan merupakan bagian dari proses menuju kedewasaan seseorang, so…kamu bisa lebih bijak dalam menghadapinya!

6. Perubahan Emosi

Selain perubahan fisik, masa pubertas juga berpengaruh pada perubahan emosimu loh sobat. Misalnya, kamu jadi lebih gampang sedih saat menonton film atau dengerin lagu, gampang emosi saat berbeda pendapat, jatuh cinta dan lainnya. Hal itu wajar-wajar aja ya sobat, karena dalam tubuhmu sedang mengalami perubahan hormon dan struktur otak yang berpengaruh pada emosi dan suasana hati. Meskipun begitu, kamu harus tetap dapat mengontrol emosimu ya sobat. Jangan sampai hal-hal seperti itu merugikanmu karena masa pubertas adalah langkah menuju dewasa, so…berlatihlah untuk menjadi lebih bijaksana.

 

Setelah kamu mengetahui fakta-fakta perubahan masa pubertas di atas, kita-kita kamu udah mengalami masa yang mana saja nih sobat?

Nah..jika kamu memiliki pertanyaan tentang masa pubertas, kamu bisa konsultasikan lebih lanjut ke bidan dan dokter UNALA ya sobat. Pelayanannya sangat ramah remaja dan gratis dengan menggunakan voucher UNALA. Yuk kenali lebih dini masa pubertasmu!

#UNALAFact


Referensi :

Doktergenz.hipwee.com