Yuk Deteksi Kesehatan Mentalmu!

 

Sobat UNALA, akhir-akhir ini kita dikejutkan dengan banyak tindakan bunuh diri. Terganggunya kesehatan mental seseorang menjadi salah satu pendorong kasus tersebut. Gangguan mental terdiri dari dua jenis, yaitu gangguan mental berat dan gangguan mental emosional yang ringan. Berdasarkan data Riskesdas 2013 diketahui prevalensi gangguan mental berat pada penduduk Indonesia sebesar 1,7% di mana jumlah terbanyak berada di Yogyakarta, Aceh dan Sulawesi Selatan. Gangguan mental emosional dengan gejala-gejala depresi dan kecemasan sendiri sebesar sekitar 6%. Hingga saat ini, masyarakat Indonesia masih menstigma dan mendiskriminasi orang dengan gangguan mental, mulai dari bullying hingga pemasungan.

 

Untuk mendeteksi kesehatan mental lebih dini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan aplikasi android bernama “Sehat Jiwa”. Melalui aplikasi itu sobat UNALA dapat mendeteksi kesehatan mental dengan menjawab 20 pertanyaan dalam metode SRQ (Self Reporting Questionnaire) yang telah dirancang oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sobat UNALA bisa mengunduh aplikasinya melalui Google Play atau bisa juga mengaksesnya melalui website http://sehat-jiwa.kemkes.go.id/.

 

Ada hal-hal yang perlu sobat UNALA perhatikan sebelum memulainya, yaitu:

  1. Pertanyaan-pertanyaan yang akan kamu jawab adalah yang berhubungan dengan nyeri tertentu dan masalah yang mungkin mengganggumu selama 30 hari terakhir.
  2. Jika pertanyaan pertanyaan tersebut kamu rasakan selama lebih dari 30 hari, maka kamu bisa menjawab : YA.
  3. Jika pertanyaan pertanyaan tersebut Tidak kamu rasakan selama lebih dari 30 HARI, maka kamu bisa menjawab : TIDAK.
  4. Jangan membahas pertanyaan dengan siapa pun saat menjawab kuesioner.
  5. Jika kamu tidak yakin tentang bagaimana menjawab pertanyaan tolong beri jawaban terbaik yang kamu bisa.
  6. Pastikan juga bahwa jawaban yang akan kamu berikan di sini bersifat rahasia

 

Sudah siap memulainya? Silakan klik http://sehat-jiwa.kemkes.go.id/deteksi_dini/deskripsi/15

 

Jika kamu telah mengetahui hasilnya dan membutuhkan konsultasi, kamu bisa menghubungi bidan dan dokter UNALA untuk informasi lebih lanjut mengenai kesehatan mental. Jangan ragu, rahasiamu terjamin dan pelayanan UNALA sangat ramah remaja. Yuk hubungi CS UNALA untuk membuat janji!