Catcalling Bukan Pujian

Miss International 2017 asal Indonesia, Kevin Liliana, membagikan kisah tidak menyenangkan yang dialaminya pada Rabu, 30 Januari lalu.

“Ketika lagi jalan, ada mobil CRV ABU yang tiba tiba kasih klakson kecil (reflek nengok karena ngerasa ga ngalangin jalan) ketika aku nengok yang nyetir itu bapak-bapak botak pakai kacamata terus dia pasang muka CIUM CIUM SAMBIl MEREM! Sumpah jijik banget aku digituin!!!” Hal ini diungkapkan Kevin melalui Instagram story miliknya di @kevinlln.

Apa yang dialami oleh Putri Indonesia Lingkungan Hidup tersebut setidaknya juga dialami oleh tiga dari empat wanita di seluruh dunia menurut riset dari Stop Street Harassment.

Apakah yang dialami oleh Kevin dan perempuan lainnya dapat dikategorikan pelecehan?

Betul. Kevin Liliana telah mengalami pecelehan seksual nonfisik yang lebih dikenal dikenal dengan sebutan catcalling. Menurut Oxford Dictionary, catcalling didefinisikan sebagai siulan, panggilan, dan komentar yang bersifat seksual dan tidak diinginkan oleh pria terhadap wanita yang lewat.

Apakah catcalling sama dengan pujian?

Berdasarkan riset Hollaback! bersama Cornell University pada 2014, sebagian besar wanita di seluruh dunia mengalami catcalling pertama kali saat masa puber. 

Selain itu, sebuah studi di Norwegia yang dilakukan pada hampir 3.000 siswa-siswi sekolah menengah atas, mengungkapkan bahwa pelecehan seksual nonfisik seperti catcalling dapat meningkatkan gangguan pada mental. Mulai dari depresi, kecemasan, rendah diri dan citra negatif terhadap tubuh.

Catcalling sangat merugikan korbannya. Oleh sebab itu, catcalling tidak dapat dianggap remeh, bahkan tidak sekalipun dianggap sebagai pujian.

Yuk, kita tingkatkan kesadaran kita terhadap catcalling.

Jika masih ada pertanyaan di benak kalian, jangan ragu untuk menghubungi customer line UNALA untuk merasakan pengalaman berkonsultasi yang ramah remaja dengan dokter dan bidan yang kompeten.

 

#UNALAcare


Referensi : 

Mengenal Catcalling, Pelecehan yang Dialami Miss International Kevin Lilliana