Penyebab Bau Badan Remaja

Halo sobat UNALA!
Pernahkah kalian merasa tidak percaya diri karena bau badan yang menggangu aktivitas sehari-hari, terutama dalam pergaulan? Bahkan menurut seorang psikolog remaja, Elizabeth Santosa, bau badan dapat memengaruhi kehidupan remaja secara keseluruhan. Remaja cenderung sulit bergaul dengan teman-teman karena orang lain merasa terganggu. Hal ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Padahal, banyak potensi yang mesti digali.
Untuk mengatasi masalah tersebut, kita cari tahu dulu penyebabnya!
Perubahan Hormon
Menurut American Academy of Family Physicans, remaja usia delapan hingga 14 biasanya akan mengalami hal ini yang disebabkan oleh perubahan hormon. Pada usia pubertas, kelenjar aprokrin yang mengontrol keringat menjadi lebih aktif sehingga kemungkinan menumpuknya bakteri akan lebih tinggi, terutama pada bagian ketiak maupun kulit kepala yang mengandung banyak minyak. Hal inilah yang yang menarik bakteri penyebab bau badan
Kurang Bersih
Remaja yang tidak menjaga kebiasaan kebersihan tubuh dan lingkungannya, semisal jarang mandi sering kali menderita masalah bau badan yang tidak sedap. Kurangnya kesadaran diri untuk membersihkan tubuh bagi remaja terkadang disebabkan oleh kegiatan di luar ruangan yang terlalu banyak menyebabkan produksi keringat jauh lebih banyak dan bau badan pun terjadi.
Menderita Penyakit
Remaja yang menderita penyakit kronis, seperti masalah ginjal dan hati seringkali mengeluarkan keringat berlebih dan mengalami masalah bau badan. Masalah kelebihan keringat ini dikenal sebagai hiperhidrosis yang menyebabkan remaja rentan akan aroma tubuh yang tidak sedap.

Sobat UNALA sudah tahu bukan penyebabnya? Oleh karena itu, mari kita jaga kebersihan diri agar bau badan teratasi. Konsultasikan juga ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.
Tak perlu malu, kalian dapat bertanya ke dokter mita UNALA yang ramah remaja dan tentunya kompeten.