Menjalin Pacaran Tanpa KDP

Halo sobat UNALA!

Selama ini kita telah menjalin berbagai hubungan atau relasi dengan orang lain, seperti dengan keluarga, sahabat, ataupun dengan pasangan.

Salah satu relasi yang paling akrab dengan remaja adalah pacaran. Relasi ini menggambarkan status ketika laki-laki dan perempuan saling mengenal dan menunjukkan perhatian, bahkan ada rasa saling memiliki.

Rasa saling memiliki ini terkadang membuat pacaran menjadi hubungan yang rentan terhadap kekerasan.

Jika di dalam rumah tangga di kenal istilah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), maka di dalam pacaran di kenal sebagai kekerasan dalam pacaran (KDP).

 

Berdasarkan Survei Pengalaman Hidup Perempuan Nasional (SPHPN) yang dilakukan oleh Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPA) tahun 2016, menunjukkan perempuan 33,45 persen usia setelah 15 tahun rentan mengalami tindakan kekerasan fisik dan seksual.

Tingginya angka kekekrasan pada perempuan menyedot perhatian masyarakat. Apalagi KDP bagi perempuan belum menikah sangat cukup mengkhawatirkan. Setidaknya 2.090 dari 10.847 pelaku kekerasan dilakukan oleh pacar atau teman kencan.

Walaupun demikian, hal ini tidak menutup kemungkinan laki-laki menjadi korban KDP karena pada dasarnya ada berbagai bentuk KDP.

Apa sajakah itu?

  1. Kekerasan Psikis

Kekerasan ini biasanya ditandai dengan sifat posesif dari pasangan sehingga membatasi pergaulan dan mengganggu relasi yang lainnya seperti dilarang berkumpul dengan teman-teman.

  1. Kekerasan Verbal

Kekerasan ini dapat berdampak pada psikis, contohnya membentak ataupun melakukan body shaming.

  1. Kekerasan Fisik

Hal ini dapat berupa memukul, menendang, ataupun mendorong sehingga melukai tubuh.

  1. Kekerasan Seksual

Hal ini dapat berupa paksaan untuk berhubungan badan ataupun memaksa menyentuh bagian tubuh pasangan.

Untuk itu penting untuk membuat kesepakatan dan prinsip pacaran yang sehat, sehingga terhindar dari KDP, contohnya tidak melibatkan aktivitas seksual yang berisiko dan berkomunikasi dengan kepala dingin jika terjadi konflik.

Yuk, menjalin relasi sehat tanpa KDP mulai sekarang.

Untuk informasi lebih lanjut, kalian dapat menghubungi customer line UNALA agar terhubung dengan dokter dan bidan yang ramah remaja.(MRA)

 


#UNALAcare