Fakta-fakta Anemia dan Remaja yang Perlu Kamu Ketahui!

Halo sobat UNALA!

Tahukah kamu bahwa saat ini anemia banyak dialami oleh remaja Indonesia loh!

Sebenarnya apa sih anemia itu? Anemia adalah suatu keadaan dimana jumlah hemoglobin dalam darah kurang dari normal. Hemoglobin ini dibuat di dalam sel darah merah, sehingga anemia dapat terjadi baik karena sel darah merah mengandung terlalu

sedikit hemoglobin maupun karena jumlah sel darah yang tidak cukup.

Apa sih penyebabnya?

Anemia pada remaja sendiri disebabkan oleh banyak hal, salah satunya ialah kekurangan gizi.

“Remaja saat ini lebih banyak mengonsumsi makanan siap saji, sehingga gizinya kurang terpenuhi”, ungkap Jesi Roro Agustina, asisten dr.Tarcisius Herjuna Hadiyanta di Gunung Kidul.

Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada 2018 sebanyak 12% remaja laki-laki dan 23% remaja perempuan mengalami anemia, yang sebagian besar diakibatkan kekurangan zat besi (anemia defisiensi besi).

Selain karena faktor makanan, remaja perempuan menjadi pihak yang memiliki resiko anemia tinggi dibanding remaja laki-laki akibat menstruasi. Riskedas 2013 mencatat 37,1% remaja perempuan mengalami anemia. Angka tersebut meningkat pada Riskedas 2018 menjadi 48,9%.

Meskipun tampak sebagai masalah kesehatan yang ringan, faktanya anemia pada remaja memiliki dampak yang buruk loh sobat! Remaja yang mengalami anemia akan mengalami penurunan imunitas dan produktivitas. Selain itu mereka juga akan sulit untuk berkonsentrasi yang mengakibatkan prestasi belajar menurun.

Agar terhindar dari anemia, pastikan kamu memiliki pola hidup yang sehat ya sobat! Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi, asam folat, vitamin A, vitamin C dan zinc. Jika dirasa perlu, kamu juga dapat meminum tablet tambah darah (TTD).

Yuk cegah anemia agar hari-harimu tetap bersemangat! Kalau kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar anemia, kamu bisa datang ke klinik dokter dan bidan UNALA ya sobat agar mendapatkan informasi yang lebih akurat!

 


#UNALAfact