1. Laporkan ke sekolah.

Jika mengetahui seseorang yang menjadi korban cyberbullying adalah siswa di sekolahmu, maka jangan ragu untuk melaporkan peristiwa tersebut ke sekolah.

  1. Kumpulkan bukti.

Ambil screenshoot, simpan pesan atau gambar yang bisa menjadi barang bukti tindakan cyberbullying, sehingga orang lain dapat melihat jeas apa yang terjadi dan membantu kasus tersebut.

  1. Laporkan melalui situs/ apps/ game.

Banyak situs/ aplikasi saat ini menyediakan fitur untuk melaporkan tindak pelanggaran seperti pelecehan, penghinaan, termasuk cyberbullying. Jangan ragu untuk laporkan, karena situs/ aplikasi tersebut akan melindungi identitasmu.

  1. Bicaralah dengan orang dewasa yang dapat dipercaya

Bangun hubungan dengan orang dewasa yang dapat kamu percaya dan kamu andalkan, seperti orang tua, guru, konselor atau kerabat untuk membantu kamu/ temanmu ketika mengalami hal-hal negatif di internet.

  1. Tunjukkan kepedulianmu

Sampaikan bahwa mereka tidak sendirian. Kamu bisa mengirimkan pesan atau video dukungan untuk mereka.

  1. Kerja bersama

Kumpulkan kawan-kawanmu dan bentuk gerakan dukungan, misalnya dengan mengirimkan komentar positif pada foto atau status mereka. Dorong kawan-kawanmu agar ikut membantu dengan melaporkan melalui situs/ aplikasi tersebut.

  1. Beritahu mereka untuk berhenti

Jika kamu menyaksikan pelaku cyberbullying, katakan pada mereka untuk menghentikannya. Jelaskan bahwa tindakan tersebut tidaklah pantas. Jika kamu tetap diam maka kamu sedang menunjukkan bahwa tindakan cyberbullying boleh terjadi.

  1. Jangan sebarluaskan

Jika kamu melihat peristiwa cyberbullying, jangan sebarluaskan, jangan berikan emoji pada kolom komentar apalagi menggosipkan hal tersebut dengan teman-temanmu.

  1. Tetap aman

Jangan tempatkan dirimu dalam bahaya. Ketika emosimu naik, hindari untuk memposting sesuatu yang bisa memperkeruh situasi. Tidak disarankan untuk menghabiskan waktu berlama-lama di dunia maya, di mana ada banyak orang yang jahil. Jangan mengancam seseorang secara fisik.

  1. Jangan menyerah

Berpikirlah kreatif untuk menghentikan cyberbullying. Bertukar pikiran dengan orang lain dan gunakan keterampilan mereka untuk menciptakan sesuatu yang keren!

 

Sumber: Cyberbullying Research Center

Penulis: Sameer Hinduja, Ph.D dan Justin W. Patchin, P