Bisa dibilang memiliki pasangan dapat meningkatkan semangat hidup, semangat untuk belajar atau berangkat ke sekolah. Namun demikian dinamika dalam menjalani relasi seperti pacaran, tak jarang seringkali hal-hal yang tidak menyenangkan terjadi seperti beradu pendapat dengan pasangan, ketidakcocokan cara pandang terhadap sesuatu hingga tindakan kekerasan kadang tidak terhindarkan. Atau saat seseorang sudah saling cinta, kadang ada yang menyebutnya sampai “cinta mati”, mereka tidak sadar jika perbuatan yang dilakukan telah menyakiti perasaan atau bahkan fisik pasangannya. Nah, sayangnya tindakan kekerasan ini acapkali ditolerir oleh salah satu pasangan atau bahkan tidak disadari bahwa apa yang seseorang alami termasuk dalam kategori kekerasan dalam pacaran, yang biasa disingkat KDP.

Apa aja sih, ciri-ciri KDP ini? Yuk, kita kenali bersama-sama.

  1. Memeriksa ponsel atau memantau media sosialmu secara rutin.
  2. Cemburu berlebihan sampai membuat situasi tidak aman.
  3. Sering meremehkan kemampuan atau mengejek kekurangan yang kamu miliki.
  4. Melakukan tindakan kekerasan fisik kepada dirimu; memukul, menjabak dan sebagainya.
  5. Pacar bersikap posesif, seperti mengatur dengan siapa saja kamu boleh berteman.
  6. Selalu menguntit baik secara langsung maupun lewat media sosial, misalnya dengan menanyakan keberadaanmu setiap waktu.
  7. Pasangan bersikap protektif yang berlebihan, misalnya dengan melarangmu bepergian ke tempat-tempat tertentu dengan alasan yang tidak masuk akal.
  8. Berulang kali memaksamu untuk melakukan perilaku yang tidak kamu inginkan, seperti berciuman ataupun berhubungan seks

 

Jika pacarmu pernah atau seringkali melakukan hal-hal di atas, maka jangan pernah tinggal diam! Kamu bisa bersikap menolak atau melawan tindakannya. Jika kamu merasa tidak berdaya, kamu bisa meminta bercerita dengan temanmu untuk mendapatkan dukungan dan membantumu untuk mengkomunikasikan keinginanmu kepada pasangan.

Nah, jika kamu masih ragu apakah relasimu sudah sehat atau belum, kamu bisa tanya-tanya dan berkonsultasi dengan UNALA di nomor: 0811-2555-390, bisa juga melalui email unala.org@gmail.com atau lewat fitur pesan langsung yang ada di media sosialmu.