Hallo Sobat UNALA !

Seringkah kamu merasa kesulitan mengkomunikasikan suatu pesan kepada orang lain? Atau membutuhkan waktu yang lama untuk merespon pesan orang lain?

Nah, UNALA punya tips nih gimana kita bisa menjalin komunikasi yang efektif agar pesan yang disampaikan dapat dengan mudah diterima orang lain atapun sebaliknya.

  1. Berpikiran Terbuka

Sebelum kita memulai berkomunikasi dengan baik kita perlu memiliki pandangan yang terbuka. Hal ini diperlukan agar pesan atau opini yang kita sampaikan tidak terkesan menghakimi pandangan orang lain (judgemental).

  1. .Harus dilakukan dengan bahasa yang jelas dan sederhana,

Tanpa adanya bahasa yang jelas, komunikasi yang efektif tidak akan terjalin, karena kita sudah berbicara panjang lebar ternyata bahasa yang kita gunakan tidak dimengerti oleh lawan bicara kita.

  1. Harus memiliki tujuan

Hal yang paling utama dalam menjalin komunikasi yang efektif. Karena pada prinsipnya pesan yang kita sampaikan memiliki tujuan seperti memberikan informasi, mempengaruhi pola pikir, ataupun sampai mengubah sikap orang lain.

Nah ketika kita sudah menggunakan 3 hal tersebut maka komunikasi yang efektif atau terjalin secara dua arah maka akan terjalin.

Sumber : Iqbal Tabarani S.