Tidak ada orang yang persis sama. Seperti penampilan, pemikiran, dan latar belakang setiap orang yang berbeda-beda, begitu pula dengan siklus menstruasi setiap orang. Apa yang normal buat setiap orang berbeda satu sama lain. Untuk mengenal apa yang normal buat diri kita masing-masing, yuk mulai menghitung siklus menstruasi sendiri!

 

Apa Sih, Siklus Menstruasi Itu?

Setiap bulan, tubuh perempuan mengalami serangkaian perubahan untuk mengantisipasi terjadinya kehamilan. Selama siklus menstruasi berlangsung rahim melepaskan sel telur, yang sering dikenal dengan istilah ovulasi. Kemudian, dinding rahim (endometrium) menebal untuk memberikan asupan nutrisi. Jika sel telur tidak kunjung dibuahi (oleh sperma), maka rahim akan berkontraksi meluruhkan sel telur dan lapisan nutrisi di dinding rahim secara alami. Proses inilah yang kita kenal dengan istilah menstruasi atau datang bulan.

 

Normalnya Berapa Lama?

Secara umum, menstruasi dapat terjadi setiap 21 sampai 35 hari sekali dan berlangsung antara 2 sampai 7 hari lamanya. Biasanya, siklus menstruasi di tahun-tahun awal (di usia remaja) akan lebih panjang. Namun, seiring bertambahnya usia, siklus menstruasi akan semakin singkat dan lebih teratur.

Selain itu, siklus menstruasi tidak sama bagi setiap perempuan karena tubuh perempuan punya keunikan masing-masing. Beberapa perempuan mungkin mengalami menstruasi disertai nyeri berat, yang lain tanpa nyeri yang berarti. Beberapa mengalami perdarahan berat, sedangkan lainnya perdarahan ringan. Warna darah menstruasi juga dapat bervariasi dari cokelat, merah tua, merah segar, sampai merah muda. Oleh sebab itu, yang normal bagi kita, belum tentu demikian bagi yang lain.

 

Bagaimana Cara Menghitung Siklus Menstruasi?

Disiplin mencatat siklus menstruasi sangat membantu kita mengidentifikasi apa yang normal dan tidak. Caranya sederhana saja, kok. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi dimulai, sampai dengan hari pertama periode menstruasi berikutnya. Kalau lupa kapan pertama kali menstruasi, mulailah dari siklus menstruasi bulan ini.

Banyak website dan aplikasi online yang tersedia di smartphone yang bisa membantu kita mengumpulkan data tentang suasana hati, warna dan tekstur lendir vagina sebelum dan sesudah menstruasi, gairah seks, sampai dengan berapa banyak perdarahan yang dialami selama menstruasi.

Lakukanlah pencatatan selama beberapa bulan berturut-turut untuk mengetahui siklus menstruasi normal kita dengan lebih akurat. Sebisa mungkin, tetaplah mencatat meski sudah megetahui siklus menstruasi sendiri. Ini akan berguna untuk dijadikan suplemen catatan kesehatan reproduksi kita.

#UNALA #SRHR #YFS

Sumber: http://UNALA.net/cara-mudah-menghitung-siklus-menstruasi/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply